Promo Pena

Diduga tidak Dukung Petahana, Lurah Tampo Pecat Tiga Pegawai Sara

PENASULTRA.ID, MUNA – Diduga tidak mendukung petahana di Pilkada serentak 2020 di Kabupaten Muna, Lurah Wa Ode Oke pecat tiga orang pegawai sara. Tiga Pegawai sara itu adalah La Ria, La Ode Abi dan La Ode Huruma yang rata-rata telah mengabdikan diri selama kurang lebih 20 tahun.

Promo Pena

Dugaan itu disampaikan salah satu tokoh masyarakat Tampo, Sardin Sulaiman. Ia mengungkapkan, ketiga pegawai sara itu diduga tidak mendukung petahana di Pilkada serentak di Kabupaten Muna 2020.

Padahal, kata Pria paruhbaya itu, lurah tidak punya wewenang untuk memecat seorang pegawai sara. Pemecatan itu sendiri hanya bisa dilakukan oleh tokoh agama.

“Kasian juga hanya karena pilihan pegawai sara dipecat. Ini adalah tindakan intimidasi dan tidak benar. Lurah tidak bisa pecat pegawai sara karena itu bukan wewenangnya,” kata Sardin di Kampanye RAPI di Kelurahan Tampo, Kecamatan Napabalano, Senin 16 November 2020.

Apa yang diutarakan Sardin dibenarkan La Ria selaku pegawai sara yang terdampak Pemecatan.

Ria mengatakan, ia yang sudah 25 tahun menjadi penduduk di Kelurahan Tampo, dan diangkat menjadi pegawai sara telah berjalan selama 20 tahun.

Pena Maulid

Walau bergaji kecil, yakni hanya berkisar Rp 50 ribu sebulan, namun demi pengabdian terhadap masyarakat pekerjaan mulia itu dilakoninya.

Ironisnya, niat tulusnya tersebut terpaksa kandas setelah dipecat oleh Wa Ode Oke, lantaran bertolak belakang dengan arahan sang lurah pada pesta demokrasi lima tahunan di Bumi Sowite.

“Dua kali ibu lurah panggil saya, yang pertama kita dipanggil sembilan orang tokoh masyarakat, termasuk saya. Ibu lurah bilang ke saya mau bantu atau tidak? Maksudnya bantu dimomen Pilkada. Saya bilang di Pilkada tahun ini saya pilih Rajiun,” kata Ria menirukan percakapannya dengan Wa Ode Oke.

“Kita terima honor itu dua kali dalam setahun. Tapi itu sebenarnya bukan uang yang jadi ukuran, tapi yang saya cari adalah pengabdian kepada masyarakat,” keluh pria usia 45 tahun itu.

Hingga berita ini ditayangkan, awak media PENASULTRA.ID, belum dapat mengkonfirmasi Lurah Tampo ihwal pemecatan tiga Pegawai sara tersebut.

Penulis: Sudirman Behima
Editor: Bas

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.