Promo Pena

UHO Latih Warga Matabubu Kelola Limbah Ayam Potong Jadi Pupuk

PENASULTRA.ID, KENDARI – Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) melalui tim Fakultas Peternakan Universitas Halu Oleo (UHO) mengadakan pelatihan kepada warga Kelurahan Matabubu, Kecamatan Poasia, Kota Kendari terkait pengelolaan limbah ayam potong (Broiler) hingga jadi pupuk kompos.

Covid-19 Pemprov

Edukasi yang dilakukan UHO ini dikemas apik dalam Program Kemitraan Masyarakat Internal (PKMI). Tujuannya tak lain adalah untuk mendukung kegiatan penanaman sayur-mayur ibu-ibu di RT 03.

Menurut Koordinator Pelaksana Kegiatan, Achmad Selamet Aku, dipilihnya RT 03 Matabubu itu dikarenakan di wilayah tersebut banyak terdapat usaha ayam potong baik mitra maupun usaha mandiri.

“Masalah bau dan lalat merupakan masalah yang perlu ditangani serius, karena masalah ini dapat menyebabkan ketegangan antara masyarakat. Umumnya, kandang ayam broiler berada disekitar pemukiman,” kata Selamet, Senin malam, 23 November 2020.

Selain edukasi produksi pupuk kompos, kata Dosen Fakultas Peternakan UHO itu, pihaknya juga memberikan pelatihan kepada mitra dalam bentuk penyuluhan tentang cara memproduksi ayam broiler bebas residu.

Promo Pena
Foto bersama usai tim Fakultas Peternakan UHO dan warga Matabubu. Foto: Istimewa

“Termasuk cara penanganan kesehatan ternak,” tambah Selamet lagi menerangkan.

Dengan hadirnya PKMI UHO yang sebelumnya telah dirintis oleh tim KKN tematik Fakultas Peternakan UHO ini, warga mengaku sangat senang.

“Sangat membantu penanganan limbah (bau dan feses) ayam broiler,” ujar Ketua RT 03 Matabubu, Hatamin.

Dalam PKMI UHO ini, bukan hanya warga setempat yang dilibatkan disetiap kegiatan. Akan tetapi, Babinsa dan Babinkamtibmas wilayah Poasia turut pula dilibatkan.

“Kehadiran kegiatan LPPM UHO telah membantu tugas-tugas kami khususnya mengurai masalah-masalah yang bias, yang kerap menimbulkan keretakan hubungan kekeluargaan di masyarakat,” tutur Babinkamtibmas Matabubu, Brigadir Arman.(*)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.