Promo Pena

Survei THI: Elektabilitas SUARA Terpaut Jauh Dari Dua Rivalnya

PENASULTRA.ID, KENDARI – Hasil survei The Haluoleo Institute (THI) menujukkan, elektabilitas incumbent atau petahanan yakni Surunuddin Dangga-Rasyid (SUARA) terpaut jauh dari dua rivalnya, Muh. Endang-Wahyu (EWAKO) dan Rusmin Abdul Gani-Senawan Silondae (RAG-SS).

Direktur THI, Naslim Sarlito Alimin mengatakan, elektabilitas pasangan calon (paslon) SUARA sebesar 61,1 persen. Menyusul Muh. Endang-Wahyu sebesar 14,8 persen dan RAG-SS sebesar 13,2 persen.

“Selisih angka elektabilitas SUARA dengan EWAKO sangat jauh yakni 46,3 persen. Sedangkan selisih SUARA dan RAG-SS perbedaanya sangat signifikan yaitu 47,9 persen,” kata Naslim saat diwawancara usai merilis hasil survei tiga wilayah di Sultra yang melaksanakan pilkada serentak disalah satu hotel di Kendari, Selasa 1 Desember 2020.

Menururnya, dari sisi kekuatan pendukung, paslon SUARA juga diposisi tertinggi, yakni sebesar 50,5 persen. Disusul paslon EWAKO sebesar 10,7 persen serta RAG-SS sebesar 8,9 persen.

“Yang belum memutuskan atau masih ragu sebesar 29,9 persen,” beber Naslim.

Elektabilitas paslon SUARA, katanya, tidak terlepas beberapa faktor yang memberikan sentimen positif terhadap incumbent atau petahana. Diantaranya tingkat keberhasilan pemda, kepuasan terhadap kinerja incumbent, tingkat menginginkan incumbent, kualitas infrastruktur serta penangan penyebaran Covid-19 yang cukup baik.

“Sebagian besar masyarakat Konsel menyatakan puas atas kinerja incumbent dengan rata-rata 59,8 persen atau cukup puas. Kemudian 6,1 persen sangat puas serta 29,5 persen kurang puas. Lalu 2,0 persen tidak puas sama sekali dan 2,6 persen masih belum tahu,” jelasnya.

Naslim memprediksi, paslon petahana ini dapat kembali memenangkan pilkada serentak 2020. Sebab, masyarakat yang masih menginginkan petahana, 64.1 persen, tidak menginginkan 27.5 persen dan tidak tahu 8.4 persen.

“Petahana sangat sulit untuk terkalahkan. Karena berkaca dari Pilkada 2015 lalu, Surunuddin lebih siap dari yang lainnya, elektoral yang sangat bagus, kinerja di Pemda juga bagus, dan secara individu nilai mereka masih diatas 50 persen dari penantangnya,” tutup Naslim.

Penulis: Yeni Marinda

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.