Promo Pena

Bawaslu Ingatkan Masyarakat tidak Bawa Alat Perekam Saat Mencoblos

PENASULTRA.ID, WAKATOBI – Masyarakat sebagai wajib pilih dilarang membawa handphone atau sejenis alat perekam lainnya, saat melakukan pencoblosan menggunakan hak pilihnya di bilik suara pada saat hari pemungutan suara Pilkada serentak Kabupaten Wakatobi, 9 Desember 2020.

Covid-19 Pemprov

Hal itu tertuang dalam PKPU Nomor 18 Tahun 2020 pengganti PKPU nomor 8 Tahun 2018 Tentang Pemungutan Suara dan Perhitungan Suara Pemilihan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati, serta walikota dan wakil walikota, pasal 39. Dimana, pemilih dilarang mendokumentasikan hak pilihnya di bilik suara.

Koordinator Divisi (Kordiv) Pengawasan, Bawaslu Kabupaten Wakatobi, Arfis menjelaskan, sebelum proses pemungutan suara digelar, KPPS akan menggelar rapat untuk menyampaikan teknis pelaksanaan pemungutan dan perhitungan suara. Salah satunya larangan membawa handphone untuk mendokumentasikan hak pilihnya di bilik suara.

“Sehingga jika ada pemilih membawah hp, maka pengawas TPS akan menyampaikan hal itu ke KPPS. Maka dipastikan pemilih tidak akan membawah alat perekam ataupun hp,” kata Arfis saat di wawancarai di kantor Bawaslu Wakatobi, Kamis 3 Desember 2020.

Promo Pena

Arfis menilai jika KPPS abai dan membiarkan pemilih membawa hp, maka KPPS tersebut, bekerja tidak profesional, patut diduga melanggar kode etik sehingga bisa diproses sesuai dengan aturan yang berlaku.

Untuk mencegah masyarakat membawah hp di bilik suara, ia mengatakan peran saksi masing-masing kandidat sangat dibutuhkan. Jika saksi melihat pemilih yang membawah hp atau alat perekam bisa ditegur melalui KPPS.

Arfis berharap kepada pendukung kedua kandidat untuk menggunakan hak pilihnya dengan jujur agar tidak menimbulkan polemik.

Sebelumnya berhembus isu, pemilih akan diberikan sejumlah uang oleh pendukung salah satu kandidat usai menggunakan hak pilihnya dengan menyerahkan bukti perekaman penggunaan hak pilihnya.

Penulis: Deni La Ode Bono
Editor: Bas

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.