Promo Pena

49 Cakades di Buteng Sepakat Wujudkan Pilkades Damai

PENASULTRA.ID, BUTON TENGAH – Sejumlah 49 calon kepala desa (cakades) yang tersebar di 16 desa di Kabupaten Buton Tengah (Buteng) menggelar deklarasi damai di pelataran Kantor Sekretariat Pemkab Buteng, Sabtu 5 Desember 2020.

Deklarasi tersebut dilakukan sebagai wujud komitmen bersama menyukseskan pesta demokrasi yang akan dilaksanakan pafa 14 Desember 2020 mendatang.

Bupati Buteng, Samahuddin meminta 16 desa yang melaksanakan pilkades agar senantiasa menjaga persatuan dan kesatuan.

“Pilkades bukan ajang saling menjatuhkan, saling memfitnah, saling membenci dan saling merendahkan. Pilkades adalah ikrar kebersamaan dalam jiwa kemufakatan dalam menyonsong masa depan daerah yang berkemajuan,” kata Samahuddin.

Menurutnya, siapapun yang terpilih, mereka adalah pilihan terbaik masyarakat.

“Ingat, kemenangan yang hakiki adalah kemenangan seluruh rakyat yang ada, kemenangan yang di pupuk bersama sama. Negeri ini sedang menunggu karya nyata kita,” jelas Samahuddin.

Ditempat yang sama, Kapolres Baubau, AKBP Rio Tangkari mengatakan, salah satu indikator suksesnya pikades adalah aman dari segala macam gangguan.

“Semua tahapan dapat berjalan dengan baik, tingkat partisipasi masyarakat baik serta tidak adanya gangguan kamtibmas,” kata AKBP Rio Tangkari.

Selain itu, protokol kesehatan juga menjadi perhatian untuk menghindari adanya claster baru dalam penyebaran virus corona atau covid-19 di Buteng.

Masyarakat harus tetap menerapkan 3M, yakni menjaga jarak, mencuci tangan dan menggunakan masker.

“Ini akan menjadi tanggung jawab kita semua. Melalui ini saya berpesan kepada seluruh peserta untuk mempersiapkan segala sesuatunya, utamanya niat yang baik,” bebernya.

“Terakhir saya berpesan kepala calon untuk berkompetisilah yang sehat, dengan cara yang baik serta tidak saling menjatuhkan. Tunjukanlah bahwa kalian calon pemimpin yang pantas memimpin desanya menuju kebaikan dan kesejahteraan,” tutup Rio.

Penulis: Amrin Lamena
Editor: Yeni Marinda

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.