Promo Pena

Evaluasi Hasil Musrembang, Camat Angata Bahas Inovasi dan Kreatifitas Pemdes

PENASULTRA.ID, KONAWE SELATAN – Pemerintah Kecamatan Angata, Kabupaten Konawe Selatan menggelar kegiatan rapat evaluasi Musrembang Desa. Musrembang itu membahas inovasi dan kreatifitas pemerintah desa (Pemdes).

Promo Pena

Camat Angata, Hasran Parenda mengatakan kepala desa bisa menciptakan sumber uang di desa. Tentu, kata dia, dengan mekanisme harus berbuat inovasi dan kreatifitas. Apalagi kecamatan Angata 2021 akan canangkan era digitalisasi.

Ia menekankan penguatan Bumdes di masing-masing desa agar dapat di kelola dengan baik. Sehingga dapat menghasilkan uang dari berbagai potensi-potensi yang ada di desa masing-masing.

“Bumdes disini ternyata uang kita. Dimodali saja Rp100 juta kita bisa menghasilkan Rp300 juta. Sehingga kita tidak fokus saja di proyek deker atau jalan. Sekarang sudah ada program baru tidak boleh lagi ada fisik terlalu besar tetapi 50 persen pemberdayaannya. Caranya proses pembenahan organisasi dan manajemen,” ungkap Hasran, Kamis 7 Januari 2020.

Promo Pena

Menurut dia, selama ini Bumdes tidak jalan karena hanya di pimpin satu orang. Sehingga muncul kecurigaan. Pada akhirnya Bumdes tidak jalan.

Hasran menjelaskan, Bumdes membutuhkan struktur organisasi yang jelas dan juga berkompeten dalam menjalankan tugasnya agar Bumdes di tiap desa bisa berjalan dengan baik dan menghasilkan uang untuk pendapatan desa.

“Untuk menjawab organisasi maka kita harus berani pemilihan Direktur Utama dengan lelang jabatan terbuka. Biar bukan orang desa namanya Direktur Utama. Tetapi yang kita pilih kapasitas kemampuannya untuk mengatur organisas. Sehingga dapat presentasi di depan masyarakat desa,” jelas hasran.

Penulis : Lalu Muh. Fadli
Editor : Bas

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.