4 Pjs Bupati
Pemprov Pancasila
Pemprov TNI

Ratusan Kenshi Perkemi Sultra Ikuti Gashuku dan Ujian Kenaikan Tingkat

PENASULTRA.ID, KENDARI – Ratusan anggota (Kenshi) Persaudaraan Beladiri Kempo Indonesia (Perkemi) Sulawesi Tenggara (Sultra) telah mengikuti Gashuku dan ujian kenaikan tingkat periode I di Kompleks SMA Negeri 7 Kendari pada 22 dan 23 Februari 2020.

Ketua Perkemi Sultra, Harmin Ramba mengatakan, tujuan dari kegiatan ini untuk menguji kemampuan, kualitas para kenshi di bidang teknik dan praktek dalam ujian tertulis serta menyeragamkan teknik beladiri kempo.

Dari 258 kenshi yang mendaftar untuk mengikuti ujian, hanya 174 kenshi yang dinyatakan memenuhi syarat.

“Peserta kenaikan tingkat menenuhi syarat ikut UKT hanya 174 kenshi dari berbagai dojo di Kendari. Peserta hanya dari Kendari dan ujian kenaikan tingkat kali ini mulai kyu 5 sampai kyu 2,” kata Harmin melalui rilis persnya, Minggu 23 Februari 2020.

Menurutnya, kegiatan ini merupakan bagian program kerja Perkemi Sultra 2020 dalam mengembangkan olahraga beladiri asal negara Jepang tersebut di Sultra. Apalagi, ujian kenaikan tingkat ini melibatkan penguji yang sudah mendapatkan mandat dari PB Perkemi.

“Begitu pula para kenshi yang ikut kenaikan tingkat adalah mereka yang mendapat rekomendasi dari pusat untuk ikut ujian berdasarkan yang memenuhi syarat administrasi,” beber Harmin.

Ujian kenaikan tingkat akan dilakukan setiap empat bulan sekali, khusus untuk tingkatan kyu. Sebab, animo masyarakat di Sultra untuk belajar beladiri tersebut semakin tinggi, terbukti dengan banyaknya dojo yang dibuka dibeberapa kabupaten kota di Sultra.

“Kalau ujian kenaikan tingkat saat ini hanya diikuti kenshi sari beberapa dojo yang ada di Kendari, maka dalam waktu dekat akan dilakukan ujian kenaikan tingkat untuk kenshi dari dojo yang ada Kabupaten Konawe Selatan dan Kabupaten Konawe,” tutupnya.

Untuk diketahui, Perkemi saat ini sudah menjadi bagian dari Komite Olimpiade Indonedia (KOI).

Penulis: Yeni Marinda

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.