4 Pjs Bupati
Pemprov TNI
Pemprov Pancasila

Jawab Aspirasi Masyarakat, Pembangunan Jalan Kabaena Jadi Prioritas Tahun Ini

PENASULTRA.ID, BOMBANA – Hasil reses anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bombana yang digelar secara serentak pada pekan lalu telah usai. Sejumlah keluhan warga ditampung.

Promo Pena

Sebagian besar warga yang menghuni daerah pecahan Kabupaten Buton itu menginginkan perbaikan infrastruktur jalan. Terutama yang berdomisili di Pulau Kabaena. Hal itu diutarakan Wakil Ketua DPRD Bombana, Iskandar saat dijumpai awak penasultra.id baru-baru ini.

Iskandar mengaku, dirinya iba mendengar secara langsung keluhan warga yang rata-rata menginginkan infrastruktur jalan yang layak. Apalagi, kata dia, Kabaena merupakan wilayah daerah pemilihannya saat Pilcaleg lalu.

“Sebagian (masyarakat) inginkan pemberdayaan, tapi hampir semua masyarakat di sana (Kabaena) meminta perubahan seperti pembangunan jalan. Olehnya itu, tahun ini pembangunan jalan di Kabaena akan diprioritaskan,” kata Iskandar.

Iskandar

Ketua DPC Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Bombana itu menyebut, Kabaena merupakan salah satu wilayah di Sulawesi Tenggara (Sultra) yang kaya akan sumber daya alam (SDA). Dengan segala potensinya yang melimpah serta didukung dengan infrastruktur yang memadai, Iskandar optimis Kabaena mampu bersaing dengan daerah lainnya yang ada di Sultra.

“Kalau di bagian Kecamatan Kabaena Selatan dibuka pelabuhan ferry menuju Kabupaten Luwu, maka otomatis status jalan Kabaena bakal naik menjadi jalan provinsi atau jalan nasional. Kalau statusnya sudah jalan lintas provinsi otomatis Kabaena jadi daerah transit, perputaran ekonomi pun akan jalan,” terangnya.

Kondisi Jalan di Pulau Kabaena Memang Memprihatinkan

Pembangunan jalan di Pulau Kabaena yang hanya memiliki luas 873 km persegi dengan jumlah 33 desa itu, kata Wakil Ketua DPRD Bombana, Iskandar, bukanlah hal yang rumit. Panjang jalannya secara keseluruhan hanya 371 kilometer.

Menurut pria kelahiran asal Kabaena itu, untuk menyuarakan aspirasi masyarakat Kabaena tidaklah sulit. Pasalnya, selain dirinya, terdapat pula empat orang anggota Dewan yang merupakan putra terbaik Kabaena. Mereka masing-masing, Amiadin (PPP), Ashari Usman (NasDem), Ahmad Mujahid (Golkar) dan Musrif (PAN).

“Kita semua sepakat. Pembangunan jalan seputar Kabaena diprioritaskan mulai tahun ini,” tekan Iskandar.

Pena Siberindo
Foto anggota DPRD Bombana saat mengikuti rapat paripurna. Foto: Istimewa

Senada dengan hal itu, anggota DPRD Bombana lainnya, Ashari Usman mengaku sangat prihatin menyaksikan kondisi infrakstruktur jalan di Pulau Kabaena. Meskipun demikian, mantan staf ahli Bupati Bombana, H Tafdil itu, tetap berkeyakinan bahwa misi pemerintah kabupaten sejalan dalam memeratakan pembangunan.

“Memang perlu penanganan serius soal jalan di Pulau Kabaena, apalagi peta geografisnya yang sangat strategis untuk dijadikan daerah transit. Akan tetapi, bukan berarti upaya pemerintah daerah juga selama ini membiarkan jalan di sana. Mereka tetap mencari solusi,” kata Ashari.

Pemkab Bombana Komitmen Benahi Infrastruktur

Guna mewujudkan pemerataan pembangunan utamanya pembenahan infrastruktur jalan, DPRD Bombana saat ini terus berkoordinasi dengan instansi terkait. Termasuk berkordinasi dengan pihak Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) PU-PR untuk menaikkan status jalan di Kabaena menjadi jalan nasional.

“Jawab mereka, itu sangat memungkinkan untuk jadi jalan nasional. Alasannya karena sudah terkoneksi wilayah dengan provinsi Sulawesi Selatan seperti Makassar, Bajoe, dan provinsi lainnya lewat dua armada pelabuhan ferry di Kabaena Utara dan Kabaena Timur,” jelas anggota DPRD Bombana, Ashari Usman.

Iskandar (baju putih) saat diskusi dengan anggota dewan lainnya. Foto: Istimewa

Mantan wartawan senior itu yakin Kabaena bakal menjadi daerah transit antar provinsi jika jalannya telah mulus.

“Alhamdulillah kemarin saya dikontak Kadis PU Bombana kalau Pemda sudah ajukan permohonan peningkatan status jalan Kabaena menjadi jalan nasional. Upaya Pemda ini perlu kita apresiasi,” ujarnya.

Sementara itu, dikonfirmasi terpisah, Plt Kadis PU Bombana, Syahrun tak menampik jika upaya pihaknya saat ini yang tengah serius membenahi status jalan pulau Kabaena menjadi jalan nasional.

“Betul itu. Kemarin saya juga sudah ketemu pak Ridwan (anggota DPR RI) di kediamannya dan proposalnya saya serahkan langsung ke beliau. Alhamdulillah beliau pastikan akan berupaya semaksimal mungkin menyuarakannya,” kata Syahrun.(*/Adv)

Penulis: Zulkarnain

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.