4 Pjs Bupati
Pemprov Pancasila
Pemprov TNI

Tahun Ini, 5 BTS Jaringan XL akan Dibangun di Konkep

PENASULTRA.ID, KONAWE KEPULAUAN – Keseriusan Pemerintah Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) dalam membangun daerah telah nampak. Salah satu aspek keseriusan itu terlihat dalam upaya Pemkab Konkep untuk membuka keterisolasian dibeberapa wilayah yang masih belum tersentuh jaringan telekomunikasi.

Promo Pena

Tahun ini, daerah yang dinahkodai pasangan Bupati H. Amrullah dan Wakilnya Andi Muh Lutfi kembali mendapat jatah pembangunan Base Trancaiver Sistim (BTS) dari Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementrian Kominakasi dan Informasi (Komenkominfo) RI sebanyak lima titik.

Hal ini dikatakan Kepala Dinas Kominfo Konkep, Jamhur Umirlan. Jamhur menyebutkan kelima titik wilayah sebagai lokasi pembangunan BTS adalah Kelurahan Sawaea Kecamatan Wawonii Selatan, Desa Morobea Kecamatan Wawonii Tengah. Menyusul Desa Sainoa Indah Kecamatan Wawonii Tenggara, Desa Baho Bubu Kecamatan Wawonii Timur Laut dan Desa Palingi Timur Kecamatan Wawonii Utara.

“Rencananya Maret 2020 mendatang pekerjaanya. BTS ini berjaringan XL Axiata, saat ini tim dari PT BKU selaku pemenang tender sedang melakukan survey,” kata Jamhur melalui telfon selulernya, Kamis, 16 Januari 2020.

Pena Siberindo

Selain lima titik wilayah yang disurvey itu, beberapa titik lainnya juga akan disurvey untuk diambil titik koordinat sehingga selanjutnya tinggal diusulkan lagi pembangunan BTS-nya. Termasuk Pantai Kampa dan wisata Air Terjun Tumburano.

Sebelumnya pada tahun 2019, Konkep telah mendapat jatah yang sama dari BAKTI Kominfo RI sebanyak tiga BTS di tiga titik berbeda.
“Ini merupakan bentuk keseriusan Pemkab Konkep untuk meretas dari keterisolasian sehingga tidak ada lagi wilayah di Konkep yang tidak tersentuh jaringan telekomunikasi,” tambah Jamhur.

Jamhur berharap, bagi wilayah atau desa-desa yang masih belum terjangkau jaringan agar masyarakatnya tetap bersabar. Sebab pihaknya akan terus berupaya sehingga tidak ada lagi wilayah di Konkep yang tidak tersentuh jaringan telekomunikasi.

“Setelah dibangun yang lima BTS ini, kan tinggal berapa saja lagi desa yang masih sulit dijangkau jaringan telekomunikasi. Kita akan upayakan terus sehingga semua wilayah Konkep dapat teratasi soal jaringan komunikasi,” tandasnya.(b)

Penulis: Nanang Sofyan
Editor: Irwan

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.