• Latest
  • Trending
  • All
  • #Headline
  • Advetorial
  • Kepulauan
  • Daratan

3,5 Menit dan Gagalnya Pemahaman Modernisasi Infrastruktur

28 Agustus 2022

Pemerintahan Adalah Proses Berkelanjutan, Bukan Ajang Klaim Pribadi

23 Juli 2025

Tantang Petahana di Konferkab, Andi Jumawi Maju Calon Ketua PWI Soppeng

23 Juli 2025

DLI Beri Solusi Pendidikan Internasional yang Bisa Diakses di dalam Negeri

22 Juli 2025

Dukung Sensus Ekonomi 2026, Hugua Buka Kegiatan Literasi Keuangan dan Edukasi Statistik

22 Juli 2025

Andi Ady Aksar Siap Bawa Energi Baru dalam Kepemimpinan KONI Sultra

22 Juli 2025

Pertamina AFT Hasanuddin Jadi Pelopor Pengelolaan Limbah Program MBG

22 Juli 2025

Fajar Ishak DJ Daftar Pertama Maju Calon Ketua DPD Hanura Sultra

21 Juli 2025

Gubernur ASR Hadiri Peluncuran Nasional Koperasi Merah Putih dari Mawasangka

21 Juli 2025

Sambut Hari Anak Nasional, DOM Band Rilis Single Baru ‘Doa Untukmu’

21 Juli 2025

Wagub Hugua Soroti Peran Pemimpin ASN di Unit Kerja Masing-masing

21 Juli 2025

Makaroni SOS, Brand UMKM Camilan Lokal yang Makin Laris Manis

21 Juli 2025

Perkuat Keberlanjutan Edukasi di Morowali, PT Vale Laksanakan Literasi Lingkungan

21 Juli 2025
Rabu, 23 Juli 2025
  • Kode Etik Jurnalistik
  • Kontak
  • Pedoman Media Siber
  • Profil
  • Redaksi
  • Perlindungan Wartawan
  • Pedoman Hak Jawab
Penasultra.id
  • Home
  • Sulawesi Tenggara
    • MetroKendari
    • Daratan Sultra
      • Bombana
      • Kolaka
      • Koltim
      • Kolut
      • Konawe
      • Konsel
      • Konut
    • Sultra Kepulauan
      • Konkep
      • Baubau
      • Buton
      • Buteng
      • Butur
      • Busel
      • Mubar
      • Muna
      • Wakatobi
  • Gaya Hidup
    • PenaEntertain
    • PenaHealth
    • PenaKuliner
    • PenaOto
    • PenaTekno
    • PenaDestinasi
  • Style Pena
    • PodcastPena
    • FigurPena
    • LayarPena
    • LensaPena
    • PenaPembaca
  • News Room
    • PenaNusantara
    • PenaEkobis
    • PenaHukrim
    • PenaSport
    • PenaEdukasi
    • PenaPolitik
    • PenaCelebes
    • PenaMancanegara
  • Advetorial
  • Link Corner
    • Dewan Pers
    • Persatuan Wartawan Indonesia
    • Serikat Media Siber Indonesia
    • Siberindo.co
    • Dinamika Sultra
    • Trias Politika
    • Metrosultra.id
    • Bikasmedia.com
No Result
View All Result
  • Home
  • Sulawesi Tenggara
    • MetroKendari
    • Daratan Sultra
      • Bombana
      • Kolaka
      • Koltim
      • Kolut
      • Konawe
      • Konsel
      • Konut
    • Sultra Kepulauan
      • Konkep
      • Baubau
      • Buton
      • Buteng
      • Butur
      • Busel
      • Mubar
      • Muna
      • Wakatobi
  • Gaya Hidup
    • PenaEntertain
    • PenaHealth
    • PenaKuliner
    • PenaOto
    • PenaTekno
    • PenaDestinasi
  • Style Pena
    • PodcastPena
    • FigurPena
    • LayarPena
    • LensaPena
    • PenaPembaca
  • News Room
    • PenaNusantara
    • PenaEkobis
    • PenaHukrim
    • PenaSport
    • PenaEdukasi
    • PenaPolitik
    • PenaCelebes
    • PenaMancanegara
  • Advetorial
  • Link Corner
    • Dewan Pers
    • Persatuan Wartawan Indonesia
    • Serikat Media Siber Indonesia
    • Siberindo.co
    • Dinamika Sultra
    • Trias Politika
    • Metrosultra.id
    • Bikasmedia.com
No Result
View All Result
Penasultra.id
No Result
View All Result
  • #Headline
  • PenaPembaca
  • PenaHealth
  • PenaKuliner
  • PenaOto
  • LayarPena
  • PenaSport
  • LensaPena
  • FigurPena
ADVERTISEMENT
Home PenaPembaca

3,5 Menit dan Gagalnya Pemahaman Modernisasi Infrastruktur

Redaksi Penasultra.id by Redaksi Penasultra.id
28 Agustus 2022
in PenaPembaca
A A
0

M. Ridwan Badallah. FOTO: Dok. Diskominfo Sultra

3
SHARES
25
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterWhatsappTelegram
ADVERTISEMENT

Tidak akan cukup kolom ini jika saya ulas pentingnya perpustakaan modern yang dibangun di Kota Kendari. Hanya saya mau katakan bahwa korelasi antara infrastruktur jalan dan perpustakaan modern cukup reliabel seiring dengan kebutuhan akan mencerdaskan masyarakat Sultra.

Dengan kehadiran perpustakaan modern di Kota Kendari telah membantu program nasional dalam rangka menguatkan jejaring dan infrastruktur pendukung literasi di Sultra.

Dampak lainnya bahwa perpustakaan modern bukanlah gedung yang hanya diisi buku-buku tapi termasuk ruang bagi komunitas kreatif, penggiat literasi, UMKM, pelaku usaha, akademisi, pelajar, mahasiswa dan bahkan distabilitas dalam pemberian dan pemenuhan kebutuhan akan infrastruktur modern dalam membuka jendela ilmu pengetahuan dan teknologi.

Selain itu, Sultra memiliki infrastruktur monumental yang dapat dibanggakan dalam pentas nasional serta mendukung konsep kota modern.

Baca Juga

Dukung Sensus Ekonomi 2026, Hugua Buka Kegiatan Literasi Keuangan dan Edukasi Statistik

Wagub Hugua Soroti Peran Pemimpin ASN di Unit Kerja Masing-masing

Pemprov Sultra Sosialisasikan Permendagri Nomor 17 Tahun 2023

Wagub Sultra Terima Kunker Komisi II DPR RI Bahas RUU Kabupaten/Kota

Jalan Poros Toronipa

Tujuan membangun adalah memenuhi kebutuhan masyarakat akan akses kemudahan, kenyamanan dan peluang akses usaha. Sejak zaman bahlul sampai hari ini, betapa sengsaranya masyarakat yang berdiam di Kota Kendari dan Kabupaten Konawe jika hendak melintasi jalan tersebut.

Kecil, becek dan berlobang menjadi suguhan selama berpuluh-puluh tahun. Enam bulan setelah di aspal maka akan kembali menjadi genangan lumpur dan bergelombang. Ibarat cempedak yang tiada batas masanya.

Lalu, Ali Mazi berani membuka akses jalan tol berbasis betonisasi di 14 KM jalan Toronipa karena peluang eko-wisata, industrialisasi pariwisata serta internasional airport berpeluang untuk dibangun disana. Keindahan Pantai Toronipa, Pulau Bokori, Desa Wisata Soropia, Pantai Batugong, Pulau Labengki dan wakatobi jika dikemas dalam konsep golden triangle akan menjadi peluang investasi wisata jangka panjang.

Apalagi jika pembangunan Airport Internasional di Toronipa jelas akan mengubah peta penerbangan yang selama ini Hasanuddin Airport menguasai Sulawesi kemudian dari aspek pariwisata akan membuka akses Bali-Lombok-Kendari-Jakarta.

Tentunya ini baru mimpi program jangka panjang. Mengapa tidak? Salah satu penghambat Wakatobi sebagai 10 destinasi wisata nasional namun setiap tahunnya pengunjung mancanegara dan nasional tidak sesuai batasan kuota, karena wisatawan yang berkunjung tercatat di Makassar sebagai transit.

Ini harus kita raih. Persyaratannya? Bangun akses jalan, airport internasional, Kota Kendari sebagai penyangga wisata perhotelan dan kuliner, komunitas kreatif, suguhan budaya sebagai bahan baku wisata maka dengan sendirinya asumsi 3,5 menit terbantahkan dan bahkan akan terbantahkan dengan jalan poros Toronipa saat ini.

Hadirnya 3,5 menit disebabkan kegagalan paham, menghina dan tidak layak disampaikan. Ali Mazi telah membangun pondasi wisata, tinggal pelanjutnya untuk membangun konsep wisata terpadu di Sultra. Apalagi 3,5 menit menyatakan mustahil pariwisata Sultra menasional.

Sangat disayangkan pernyataan tersebut yang secara pribadi saya sebagai warga Sultra malu menonton video berdurasi 3,5 menit. Jalan Poros Toronipa akan menjadi basis PAD Sultra jika kita semua warga Sultra tidak menjadikan hati ini sakit karena keberhasilan pembangunan tersebut.

Buton Utara dan KEK

Menyimak video 3,5 menit menggelitik ruang bawah sadar saya akan arti kedunguan dan kegagalan berpikir kritis. Isu yang disajikan sebagai berikut : 1) jalan rusak penghubung Buton Utara, Buton, Baubau; 2) Kawasan Ekonomi Khusus (KEK); 3) Mustahil pariwisata Sultra go-nasional. Jawabnya dari kedunguan artikulasi dan kegagalan berpikir kritis demikian.

Jalan ruas Buton Utara telah dianggarkan dan dalam proses pengerjaan. Hanya dikarenakan cuaca sultra yang hujan sampai dengan bulan ini maka dengan sendirinya timbunan tanah akan menjadi lumpur yang berkubang. Selanjutnya, apakah Buton Utara masuk Kawasan KEK?

Jawabnya belum. Data tahun 2021 ada 19 Kabupaten/Kota masuk Kawasan KEK, yakni : Arun Lhokseumawe, Aceh; Sei Mangkei, Sumut, Batam Aero Technic, Kepri (belum beroperasi); Nongsa, Kepri (belum beroperasi); Galang Batang, Kepri; Tanjung Api-Api, Sumut (belum beroperasi); Tanjung Kelayang, Babel; Tanjung Lesung, Banten; Lido, Bogor (belum beroperasi); Kendal, Jateng; Gresik, Jatim (belum beroperasi; Singhasari, Malang (belum beroperasi); Mandalika, Lombok Tengah; MBTK, Kutai Timur; Palu, Sulteng; Likupang, Sulut; Bitung, Sulut; Morotasi, Morotai; serta Sorong, Papua Barat.

Lalu mana yang disebut KEK dalam 3,5 menit. Ini mempertegas bahwa 3,5 menit hanya mampu beretorika manis dengan janji namun tidak melakukan upaya agar salah satu daerah Sultra masuk KEK.

Mestinya tidak hanya mengkritik tetapi memperjuangkan Buton Utara masuk KEK agar pemerintah pusat dapat memikirkan akses pertumbuhan ekonomi di daerah tersebut. Bukan kemudian menjustifikasi pemerintah provinsi tidak peka dalam upaya tersebut.

Substansi KEK adalah program pemerintah dalam membuka akses darat, laut dan udara bagi Kawasan ekonomi khusus bagi daerah yang memiliki potensi keunggulan geoekonomi dan geostrategis, industrialisasi, ekspor, impor, kegiatan ekonomi yang memiliki nilai ekonomi tinggi, pusat pertumbuhan batu, perdagangan serta potensi dan nilai jual pariwisata sehingga dapat menciptakan lapangan kerja.

Pertanyaan saya sudahkan 3,5 menit melakukan fisibilitas studi bahwa pada umumnya jalan Buton Utara lebih kepada mobilitas perjalanan dinas, pedagang kecil, mudik dan sepersekian persen saja digunakan akses ekonomi. Alasannya karena terdapat akses pelabuhan laut yang harusnya diperbaiki menjadi potensi akses tol laut.

Pemerintahan Abu Hasan ketika melakukan ekspor perkebunan dan lain-lain yang kemudian didukung penuh oleh Gubernur Sultra. Launching dan eksport perdana di Pelabuhan Bungkutoko.

Apakah sudah ada peran 3,5 menit bagaimana mengupayakan di pusat agar dibangunkan dermaga laut di Butur yang representatif sehingga memudahkan pengiriman ke pelabuhan Bungkutoko ketimbang melalui jalan darat Buton Utara dan melintas Ferry ke Amolengo dan melintas darat 100 Km. Tentunya dari aspek cost distribussion lebih besar ketimbang sekali pengangkutan di pelabuhan laut Buton Utara.

Kembali ke KEK, Morotai itu KEK dari aspek pariwisata. Kenapa tidak kita harus akui dan objektif bahwa Ali Mazi melalui pembangunan Jalan Poros Toronipa sebagai pembuka akses Kota Kendari dan Kabupaten Konawe masuk kategori KEK.

Tentunya, dengan niat baik 3,5 menit untuk mendukung, memberi solusi dan membantu akses ke pemerintah pusat dan bukan memberi pernyataan yang arogan, provokatif dan skeptif.

Penulis : ERBE
Juru Bicara Gubernur Sultra
Kepala Dinas Kominfo Sultra
Penggiat Ekonomi Kreatif

Jangan lewatkan video populer:

Page 2 of 2
Prev12
Tags: Buton UtaraM. Ridwan BadallahModernisasi InfrastrukturPelabuhan AmolengoPemprov SultraSuara Pembaca
Share1Tweet1SendShare
Dilarang mengambil dan/atau menayangkan ulang sebagian atau keseluruhan artikel di atas untuk konten akun media sosial komersil tanpa seizin redaksi. Hak cipta dilindungi Undang-undang.

Pasang Iklan Penasultra

Ikuti Kami :

ADVERTISEMENT
Previous Post

Polda Sultra Amankan Puluhan Alat Berat di Kawasan Hutan Langgikima

Next Post

BI Sultra Target Pengguna QRIS Capai 100 Ribu di 2022

RelatedPosts

Pemerintahan Adalah Proses Berkelanjutan, Bukan Ajang Klaim Pribadi

23 Juli 2025

Mengulik Sejarah Jembatan Buton-Muna Vs Suguhan Konten Sang DPD

20 Juli 2025

Menguji Keberanian KPK

17 Juli 2025

Tolak KEK Danau Toba

15 Juli 2025

Menakar Langkah KPK dalam OTT di Sumut

12 Juli 2025

Energi dan Inflasi, Pukulan Ganda Menggerus Daya Beli Rakyat

1 Juli 2025
Load More
Next Post

BI Sultra Target Pengguna QRIS Capai 100 Ribu di 2022

Discussion about this post

PenaEkobis

PenaEkobis

Telkomsel Hadirkan Studio Universal di IndiHome TV

by Redaksi Penasultra.id
20 Juli 2025
0

Sebagai bentuk komitmen dan semangat berinovasi dalam menghadirkan layanan hiburan digital unggulan bagi seluruh pelanggan, Telkomsel melalui IndiHome TV bekerja...

Read moreDetails

Ekspansi Strategis & Logistik Hijau: Langkah Cerdas CKB di Tengah Dinamika Global

16 Juli 2025

Bank Sultra Hadirkan Program Banghoki, Apresiasi Nasabah dengan Hadiah Spesial

15 Juli 2025

Perkuat Sinergi, PLN UP3 Kendari dan Apersi Sultra Gelar Pertemuan Strategis

10 Juli 2025

Tri Perluas Jaringan di Muna dan Buton, Indosat Komitmen Jadi Operator Nomor 1

10 Juli 2025

Recommended Articles

Undang Sejumlah Manajemen Hotel, Kemenparekraf Kolaborasi Perkuat Rantai Pasok UMKM

6 Juni 2022

Ekspansi Strategis & Logistik Hijau: Langkah Cerdas CKB di Tengah Dinamika Global

16 Juli 2025

Hukum Kebiri terhadap Pemerkosa Anak Siap Diberlakukan di Madagaskar

13 Februari 2024

Reses di Punggolaka, AJP Tampung Keluhan Warga Soal Jalan hingga Air Bersih

29 September 2023

56 CPNS di Muna Akhirnya Dapat Mengisi DRH, Tapi…

10 Juni 2022
Load More

Populer Minggu Ini

  • 549 Prajurit Batalyon TP 823/Raja Wakaaka Resmi Bertugas di Baubau

    139 shares
    Share 56 Tweet 35
  • Gegara PBM Butur, FPPD Muna Minta Kepala KUPP Raha Dicopot

    52 shares
    Share 21 Tweet 13
  • Ponsel Ketua PSI Kolaka Raib di Kongres Solo, Panitia Dituntut Bertanggung Jawab

    43 shares
    Share 17 Tweet 11
  • Mengulik Sejarah Jembatan Buton-Muna Vs Suguhan Konten Sang DPD

    39 shares
    Share 16 Tweet 10
  • Andi Ady Aksar Siap Bawa Energi Baru dalam Kepemimpinan KONI Sultra

    35 shares
    Share 14 Tweet 9
logo penasultra

penasultra.id
PT Pena Sultra Grup
(Penerbit/Pengelola Penasultra.id)
NPWP: 93.591.690.8-811.000

Kontak »

Advetorial

Evaluasi Pilkada 2024, Cara KPU Sultra Siapkan Strategi Pemilu Lebih Berkualitas

KPU Sultra Resmi Tetapkan Pasangan Gubernur-Wakil Gubernur Terpilih 2025-2030

Video: Sinonggi dengan Kambatu-Tawaoloho Semakin Diminati

Link Corner

  • Dewan Pers
  • Persatuan Wartawan Indonesia
  • Serikat Media Siber Indonesia
  • Siberindo.co
  • Dinamikasultra.com
  • Triaspolitika.id
  • Metrosultra.id
  • Bikasmedia.com

  • Profil
  • Redaksi
  • Kode Etik Jurnalistik
  • Pedoman Media Siber
  • Pedoman Hak Jawab
  • Kontak
  • Perlindungan Wartawan
  • Pedoman Pemberitaan Ramah Anak

Copyright © 2023 Penasultra.id, Made with ❤️

error: Maaf tidak bisa.!!
No Result
View All Result
  • Home
  • Sulawesi Tenggara
    • MetroKendari
    • Daratan Sultra
      • Bombana
      • Kolaka
      • Koltim
      • Kolut
      • Konawe
      • Konsel
      • Konut
    • Sultra Kepulauan
      • Konkep
      • Baubau
      • Buton
      • Buteng
      • Butur
      • Busel
      • Mubar
      • Muna
      • Wakatobi
  • Gaya Hidup
    • PenaEntertain
    • PenaHealth
    • PenaKuliner
    • PenaOto
    • PenaTekno
    • PenaDestinasi
  • Style Pena
    • PodcastPena
    • FigurPena
    • LayarPena
    • LensaPena
    • PenaPembaca
  • News Room
    • PenaNusantara
    • PenaEkobis
    • PenaHukrim
    • PenaSport
    • PenaEdukasi
    • PenaPolitik
    • PenaCelebes
    • PenaMancanegara
  • Advetorial
  • Link Corner
    • Dewan Pers
    • Persatuan Wartawan Indonesia
    • Serikat Media Siber Indonesia
    • Siberindo.co
    • Dinamika Sultra
    • Trias Politika
    • Metrosultra.id
    • Bikasmedia.com
SMSI - Dewan Pers Penasultra.id

Ikuti Kami :

Copyright © 2023 Penasultra.id, Made with ❤️