Pemprov TNI
Pemprov Pancasila
4 Pjs Bupati

Maksimalkan Layanan Selama Ramadhan 2020, Telkomsel Bangun 11.000 BTS 4G Baru

PENASULTRA.ID, JAKARTA – Telkomsel memprediksi selama momen Ramadhan dan Idul Fitri (RAFI) 2020 atau 1441 H, akan terjadi lonjakan trafik komunikasi berbasis layanan broadband sekitar 20 persen.

Untuk memastikan ketersediaan kualitas dan kapasitas jaringan dan layanan broadband yang optimal, Telkomsel telah membangun 11.000 unit base transceiver station (BTS) 4G baru dan mengoperasikan 69 Mobile BTS.

Direktur Utama Telkomsel Setyanto Hantoro mengatakan, selain menghadirkan 11.000 BTS baru, pihaknya juga mengoperasikan tambahan 69 unit Compact Mobile BTS (Combat) dan menambah kapasitas gateway internet menjadi 6,100 Gbps (6 Tbps).

“Ini dilakukan untuk menjamin kelancaran akses data di seluruh Indonesia,” Direktur Utama Telkomsel Setyanto Hantoro melalui rilis persnya, Selasa 21 April 2020.

Menurutnya, dimasa pandemi virus corona atau Covid-19, Telkomsel telah memusatkan optimalisasi kualitas dan kapasitas jaringan di sekitar 436 point of interest (POI) yang berfokus pada 309 titik.

“309 titik tersebut berada di area residensial, diantaranya di 58 titik rumah sakit rujukan Covid-19, 38 titik area transportasi utama di tiap provinsi seperti bandara dan pelabuhan, 31 titik area transportasi logistik, alat-alat kesehatan dan kebutuhan pokok dan lainnya,” ujarnya.

Fokus pengamanan jaringan di seluruh area tersebut, kata Setyanto, merupakan bentuk nyata dukungan Telkomsel dalam memastikan kenyamanan masyarakat Indonesia yang menjalankan imbauan pemerintah untuk tidak mudik dan memusatkan aktivitas ibadah di momen RAFI ini di rumah.

“Selain itu, pengamanan titik area dan jalur transportasi pun tetap menjadi fokus Telkomsel sebagai upaya untuk memastikan kelancaran komunikasi operasional penanganan dan penyaluran logistik bahan pokok, alat-alat kesehatan dan obat-obatan di tiap wilayah,” tambah Setyanto.

Berbekal infrastruktur yang mumpuni, cakupan 4G Telkomsel pun telah menjangkau lebih dari 95 persen wilayah populasi di Indonesia, yang siap mengakomodasi berbagai kebutuhan layanan berbasis broadband dan digital untuk terus mendukung aktivitas keseharian masyarakat.

Telkomsel juga menerapkan konsep virtual operation dan monitoring yang didukung oleh 13 Posko Virtual eRAFI2020, 19 tim internal (1,578 anggota) dan 46 tim mitra strategis (803 anggota), guna memaksimalkan produktivitas pengawalan jaringan di masa pandemi Covid-19.

“Telkomsel mengucapkan selamat menunaikan ibadah di bulan suci Ramadan bagi seluruh umat muslim di seluruh Indonesia. Kami memahami betapa pentingnya momen Ramadan dan Idul Fitri bagi umat muslim di Indonesia untuk terus saling terhubung dengan orang-orang tercinta,” tutupnya.

Penulis: Yeni Marinda

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.