Pemprov Pancasila
DPRD Gula
Pemprov TNI

Bertambah 91, Total Kasus Positif Covid-19 di Sultra Capai Angka 167

PENASULTRA.ID, KENDARI – Kabar buruk datang dari Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra). Pasalnya, jumlah kasus positif virus corona atau Covid-19 di Sultra bertambah hingga puluhan kasus dalam sehari.

Sesuai data update Gugus Tugas Penanganan dan Pencegahan Covid-19 Sultra, Rabu 13 Mei 2020, kasus positif Covid-19 di Sultra bertambah 91.

Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sultra, dr. La Ode Rabiul Awal mengatakan, dari 91 penambahan kasus tersebut, 60 orang diantaranya berasal Kabupaten Bombana, 14 orang dari Kendari, 4 orang dari Konawe dan 6 orang dari Wakatobi.

Kemudian 3 orang dari Konawe Selatan (Konsel), 1 Kolaka Utara (Kolut), 2 orang dari Kolaka Timur (Koltim) serta 1 orang dari luar wilayah Sultra yakni dari Minui Sulawesi Tengah (Sulteng).

“59 orang dari Bombana dan semua dari Wakatobi masuk dalam klaster kapal KM Dorolonda. 1 orang dari Bombana masuk klaster kasus sporadis atau suatu kasus terinveksi Covid-19 meskipun tidak penah melakukan penjalanan ke daerah pendamik maupun kontak dengan orang terinfeksi,” kata dr. Rabiul Awal, Rabu 13 Mei 2020.

Menurutnya, untuk 2 kasus di Koltim, semuanya berasal dari klaster kontak erat dari kasus positif sebelumnya.

“Untuk 1 orang yang berasal dari luar Sultra yakni laki-laki 39 tahun berasal dari pulau Minui, Sulteng. Sementara 1 orang di Kolut yakni PDP yang meninggal dunia beberapa hari lalu dan hasil swabnya positif corona,” beber dr. Wayong sapaanya.

“Hasil-hasil tersebut diperloeh pemeriksaan PCR diagnostik sebanyak 711 kasus dan PCR followup sebanyak 138 kasus,” tambahnya.

Dengan bertambahnya 91 kasus baru tersebut, kata Ketua Ikatan Dokter (IDI) Sultra ini, maka total kasus positif Covid-19 di Sultra menjadi 167.

“147 masih dalam perawatan. 17 sembuh dan 3 meninggal,” ujar dr. Wayong.

Bombana Gula

Sementara itu, Jubir Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Kendari, dr. Alghazali Amirullah mengatakan, 14 orang positif di Kendari berasal dari enam kecamatan.

Diantaranya, 3 orang dari Kecamatan Poasia, 2 orang Kecamatan Kadia, 5 orang Kecamatan Baruga dan 3 orang Kecamatan Puuwatu serta 1 orang Kecamatan Mandonga.

“Total positif di Kendari 48. Sembuh 10 orang meninnggal 2 orang. Yang masih dalam perawatan 36 orang,” tutup Alghazali.

Pena Siberindo

Untuk diketahui, ke-147 orang yang masih perawatan tersebut masing-masing berasal dari 5 orang dari Kabupaten Konawe, 9 orang dari Muna, 36 dari Kendari, 5 orang dari Baubau, 6 dari Konsel dan 5 orang dari Kolut. Lalu 6 orang dari Wakatobi, 65 orang dari Bombana serta 9 orang dari Koltim. Ada 1 orang berasal dari luar wilayah Sultra yakni Sulawesi Tengah (Sulteng).

Sedangkan 17 orang yang sembuh berasal dari Kota Kendari 10 orang, 1 orang masing-masing dari Kolaka dan Kolut. 2 orang dari Konawe dan 3 orang dari Muna.

Sementara untuk pasien positif yang dinyatakan meninggal 2 orang berasal dari Kota Kendari dan 1 orang dari Kolut.

Penulis: Yeni Marinda

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.