Pemprov TNI
Pemprov Pancasila
DPRD Gula

14 Mei 2020, RSUD Bahteramas Mulai Lakukan Tes Swab Covid-19

PENASULTRA.ID, KENDARI – Mulai 14 Mei 2020, pemeriksaan tes swab tenggorok virus corona atau Covid-19 sudah dapat dilakukan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bahteramas Kendari.

Hal ini dilakukan usai mendapat rekomendasi dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Andi Hasnah mengatakan, sebelumnya seluruh sampel dari Sultra harus dikirim ke Laboratorium Kesehatan Makassar untuk diketahui apakah positif atau negatif covid-19.

“Alhamduliah sudah bisa kita tes mandiri. Jadi tidak perlu lama-lama lagi kita menunggu hasil swab covid-19,” kata Andi Hasnah, Rabu 13 Mei 2020.

Sementara itu, Plt Direktur RSUD Bahteramas, dr. Hasmudin mengatakan, saat ini pihaknya telah memiliki dua alat pemeriksaan swab covid-19 yakni Polymerase Chain Reaction (PCR) dan PCM (alat seperti microskop).

“Sekarang yang tersedia untuk catridge PCM bantuan dari Kemenkes ada 60 buah,” beber Hasmudin.

Menururnya, dengan jumlah tersebut, pemeriksaan tahap awal akan diprioritaskan bagi pasien yang dirawat di RSUD Bahteramas, baik kasus lama dan baru yang belum mendapatkan hasil pemeriksaan dari Laboratorim Kesehatan Makassar.

Untuk lokasi pemeriksaan, tambah Hasmudin, pihaknya menyediakan ruangan laboratorium khusus dengan tenaga medis ahli yang sudah berkompeten untuk melakukan pemeriksaan terhadap tes swab Covid-19.

“Saat ini memang kita prioritaskan kepada pasien kita dulu. Rencananya Kemenkes akan kembali memberikan bantuan regen PCR sekitar 5.000 buah. Jadi nanti itu yang akan kita distribusikan di rumah sakit rujukkan yang ada di Sultra,” tutupnya.

Penulis: Yeni Marinda

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.