Pemprov TNI
Pemprov Pancasila
DPRD Gula

Eksistensi Guru Terhadap Pembelajaran Menggunakan Teknologi Informasi

Oleh: Siti Mubaroqah, S.Pd. I

Bombana Gula

Teknologi informasi saat ini mengalami pekembangan yang pesat, termasuk dalam bidang pendidikan. Kemajuan teknologi informasi menjadi sarana dan solusi untuk mengakses informasi seluruh bidang, sehingga sekolah juga telah menerapkan dan mengembangkan teknologi informasi untuk proses belajar mengajar dalam menunjang pendidikan berbasis informasi teknologi.

Upaya untuk menerapkan kemajuan teknologi informasi pada dunia pendidikan khususnya tingkat pendidikan Sekolah Dasar telah mengembangkan proses membimbing, mengajar dan melatih peserta didik dalam membekali kemampuan dasar dalam aspek intelektual, sosial dan personal berdasarkan karakteristik pendidikan itu sendiri.

Sebagai pihak yang bersentuhan langsung dengan siswa, maka guru mempunyai peran penting dalam menyesuaikan tujuan pendidikan dalam memasuki era perkembangan teknologi informasi.

Peran teknologi Informasi di era saat ini adalah mampu memecahkan berbagai permasalahan yang terjadi pada kehidupan manusia, penggunaan teknologi informasi, mempunyai dampak negatif dan dampak positif tergantuk cara penggunaan terknlogi tersebut.

Hal ini merupakan tantangan bagi guru untuk memberikan pemahaman kepada siswa agar menggunakan teknologi informasi sesuai dengan kepentingan pendidikan bukan konten-konten yang lain.

Banyak hal yang menjadi dampak negatif terhadap penggunakan teknologi informasi saat ini, apalagi bagi anak-anak, maka sangat diharapkan konten-konten yang tidak sesuai dengan norma dan etika sedini mungkin pemerintah mengambil kebijakan untuk menutup atau memblokir.

Pena Siberindo

Untuk itu dibutukan peran guru untuk memberikan edukasi terhadap siswa dalam penggunakan teknlogi informasi sesuai kebutuhan pendidikan.

Upaya dunia pendidikan dalam pemanfaatan teknologi informasi menjadi hal yang menjadi sorotan karena sangat dibutuhkan bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam aplikasi penggunaannya sehingga dapat memudahkan bagi para guru dan peserta didik dalam mencari berbagai literature dan materi pembelajaran.

Olehnya itu teknologi informasi merupakan salah satu sarana pembelajaran sesuai dengan kebutuhan zaman. Pola pendidikan di era teknologi saat ini lebih kepada pengembangan kapasitas siswa tidak pada menekankan pada menghafal akan tetapi apa yang menjadi hobi atau keinginan siswa untuk berkreasi itu yang perlu ditekankan untuk pembelajaran berdasarkan minat dan bakat sehingga peserta didik dapat berpikir kritis dan mampu mencari solusi dalam menghadapi setiap persoalan.

Pesatnya perkembangan teknologi di dunia pendidikan saat ini mempengaruhi guru dalam memberikan pemahaman siswa agar tidak menyalahgunakan penggunaan teknologi informasi tersebut. Namun peran guru tidak terbandingkan dengan media apapun termasuk penggunaan teknologi informasi, karena guru media utama yang setiap saat mendididik, mengarahkan, membina, memotivasi siswa secara langsung sehingga hubungan guru dan siswa dianggap sebagai anak dan orang tua.

Guru juga dapat mengetahui psikologi, minat dan bakat siswa untuk dikembangkan dan siswa dapat berkomunikasi timbal balik kepada guru. Dengan demikian, untuk pengembangan minat bakat siswa perlu ketersediaan sarana belajar siswa di sekolah khususnya sarana dan prasarana praktikum.

Saat ini, tidak sedikit terdapat sekolah yang minim ketersediaan sarana dan prasarana praktikum siswa sehingga ini menjadi kendala dan hambatan siswa untuk mengembangkan minat dan bakatnya. Melihat kondisi ini, maka menjadi rekomendasi agar pemerintah khususnya Pemerintah Daerah Sulawesi Tenggara dapat mengeluarkan kebijakan untuk penyediaan sarana dan prasarana pendidikan khususnya bidang pengembangan minat dan bakat.(***)

Penulis adalah Guru SDN 69 Kendari

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.