Pemprov Pancasila
DPRD Gula
Pemprov TNI

Surunuddin Bagikan 529 Sertifikat Tanah di Kecamatan Benua

PENASULTRA.ID, KONAWE SELATAN – Bupati Konawe Selatan (Konsel), H Surunuddin Dangga menyerahkan sertifikat program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) tahun anggaran 2019 untuk warga di Kecamatan Benua.

Sesuai data Badan Pertanahan Nasional (BPN) Konsel, ada 529 sertifikat tanah yang diberikan untuk tiga desa di Kecamatan Benua. 80 sertifikat untuk Desa Horodopi, 251 sertifikat untuk Desa Palowewu dan 198 sertifikat di Desa Lamara

Bupati Konsel, Surunuddin mengatakan, sertifikat tersebut diberikan guna mempercepat proses legalisasi kepemilikan dan keadilan yang merata.

“Sehingga warga mendapatkan kepastian hukum atas kepemilikan tanah,” kata Surunuddin usai menyerahkan sertifikat tanah ke warga Benua, Selasa 30 Juni 2020.

Menurutnya, sertifikat PTSL adalah proses pendaftaran tanah untuk pertama kali yang dilakukan secara serentak dan meliputi semua obyek pendaftaran tanah yang belum didaftarkan di dalam suatu wilayah desa atau kelurahan.

“Tujuannya untuk memberi kepastian hukum dan perlindungan hukum hak atas tanah masyarakat, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran kesejahteraan masyarakat, serta mengurangi dan mencegah konflik pertanahan,” beber Surunuddin.

Ia berharap, sertifikat tersebut dapat disimpan atau digunakan sebaik- baiknya oleh warga yang mendapatkan.

“Sertifikat ini modal warga. Tapi jangan disalah gunakan. Jika sertifikat ini digunakan untuk mendapatkan pinjaman uang, sifatnya ya harus untuk usaha biar produktif,” tutup Surunuddin.

Penulis: Supyan
Editor: Yeni Marinda

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.