DPRD Gula
Pemprov Pancasila
Pemprov TNI

Arifudin Kesal Warga Pulau Binongko tidak Dapat Bantuan Beras

PENASULTRA.ID, WAKATOBI – Wakil Ketua I DPRD Wakatobi, H. Arifudin kesal dengan penyaluran beras bantuan Covid-19 dari Pemprov Sultra melalui Dinas Ketahanan Pangan Sultra di Kabupaten Wakatobi pekan lalu.

Bombana Gula

Kekesalannya bermula dari pendistribusian beras Bulog bantuan Covid-19 sebanyak 191 ton kepada 10.613 KK tidak diperuntukan untuk masyarakat pulau Binongko. Bantuan beras 18 kg per KK tersebut hanya dibagikan untuk masyarakat Kecamatan Wangiwangi, Wangiwangi Selatan, Kaledupa, Kaledupa Selatan, Tomia, dan Tomia Timur.

“Saya kesal sekali karena ini terkesan tidak adil. Harusnya masyarakat kami di Binongko diprioritaskan karena masuk dalam zona merah sehingga mereka benar- benar merasakan dampak Covid-19,” ungkap Ketua PDIP Kabupaten Wakatobi ini kepada awak Penasultra.Id, Kamis 2 Juli 2020.

Ia mengatakan, meskipun bantuan tersebut merupakan bantuan Pemprov mestinya ada koordinasi yang baik antara Pemerintah Provinsi dan Kabupaten sebelum disalurkan agar bisa menyentuh semua masyarakat yang membutuhkan.

“Coba lihat di peta penyebaran Covid-19 wilayah mana yang masuk zona merah. Lalu mengapa Binongko tidak dapat. Apakah karena Binongko zona merah sehingga tidak dapat,” tanya Aleg dapil pulau Binongko itu.

Pena Siberindo

Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Wakatobi, Sulaiman menjelaskan, menurut tim gugus tugas Pemprov Sultra, hal itu terjadi karena adanya keterbatasan anggaran. Sehingga bantuan beras hanya dibagi kepada masyarakat yang ada di enam kecamatan, kecuali di pulau Binongko.

“Kita sudah koordinasi sebelum disalurkan tetapi jawabannya begitu,” ujarnya.

Kata Sulaiman, tidak tersentuhnya masyarakat di dua Kecamatan pulau Binongko akan diambil alih Pemda Kabupaten Wakatobi.

“Solusinya Pemda yang akan menutupinya”, tutur Sulaiman.

Untuk jadwal penyalurannya, Sulaiman belum bisa memastikannya karena harus membahasnya bersama tim gugus Covid-19 Kabupaten Wakatobi.

Penulis: Deni La Ode Bono
Editor: Bas

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.