Pemprov TNI
4 Pjs Bupati
Pemprov Pancasila

42 Perangkat Desa Dipecat, Dewan Wakatobi Bertindak

PENASULTRA.ID, WAKATOBI – Pemecatan terhadap 42 perangkat Desa di Kabupaten Wakatobi menjadi presenden buruk penyelenggaraan pemerintahan di tingkat desa.

Promo Pena

Pemecatan perangkat Desa tersebut terjadi di Desa Haka, Kecamatan Togo Binongko sebanyak satu orang, dan 41 orang di Desa Olo Kecamatan Kaledupa Selatan.

Di Desa Haka, Sekertaris Desa Haka dipecat Kades atas tuduhan pelanggaran hukum adat. Sementara di Desa Olo 41 perangkat Desa dipecat Penjabat Kades, dengan alasan kinerja perangkat desa yang dinilai buruk.

Ketua DPRD Kabupaten Wakatobi, H. Hamiruddin mengatakan, pengaduan tersebut segerah ditindaklanjuti dengan melakukan Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan pihak Pemdes, Camat untuk menyelesaikan persoalan tersebut.

Pena Siberindo

“Dewan telah menyurati pihak terkait untuk menghadiri RDP. Rencananya, Rabu 8 Juli 2020 kita gelar RDP,” kata H. Hamiruddin kepada awak media, Selasa 7 Juli 2020.

Dari pengaduan yang di sampaikan para korban pemecatan melalui rapat aspirasi, Hamiruddin belum bisa memastikan tindakan Kades merupakan pelanggaran, sehingga perlu mengevaluasi kebijakan Kades.

Jika ditemukan pelanggaran, kata dia, Dewan memberikan rekomendasi agar membatalkan kebijakan tersebut, dengan mengembalikan mereka ke jabatannya semula.

Wakil Ketua DPD Golkar Kabupaten Wakatobi ini menghimbau, kepada seluruh Kades agar tidak melakukan pemecatan terhadap perangkat Desa, tidak sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Penulis: Deni La Ode Bono
Editor: Bas

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.