Pemprov TNI
4 Pjs Bupati
Pemprov Pancasila

KKN Tematik UHO Bikin Minyak Kelapa Murni Lawan Covid-19

PENASULTRA.ID, BUTON – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Universitas Halu Oleo (UHO) melakukan sosialisasi pencegahan Covid-19 kepada masyarakat Kecamatan Pasarwajo, Kabupaten Buton.

Promo Pena

KKN Tematik yang dibimbing oleh Muhamad Handoyo Sahumena dan Apt. Mistriyani ini dijalankan langsung oleh lima kelompok yakni Tim Gemas, Tim Germas, Tim Toga, Tim PHBS dan Tim Anti Septik, sejak 05 Juni lalu hingga 14 Juli 2020 mendatang.

Ketua Tm KKN Tematik UHO di Kecamatan Pasarwajo, La Ode Muhamad Rahmadin mengatakan sosialisasi yang dilakukan antara lain, cara mencuci tangan dengan baik dan benar sesuai standar WHO, menggunakan dan melepaskan masker dengan benar, serta sosialisasi pencegahan wabah Covid-19 melalui perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) di Rumah Tangga.

“Kegiatan lain yang dilakukan adalah pembagian masker, hand sanitaizer dan pembagian anti septik kepada masyarakat Pasarwajo dengan tujuan penguatan peran warga dalam mitigasi dan adaptasi menghadapi wabah Covid-19 di Kabupaten Buton,” kata Ramhadin, Sabtu 11 Juli 2020.

Sebelumnya, tambah dia, kelompok Tim KKN juga telah melakukan penyuluhan pencegahan wabah Covid-19 dengan menempelkan pamflet informasi Covid-19 di lingkungan masyarakat, online di media sosial serta memberikan edukasi pencegahan Covid-19 secara langusung kepada kalangan anak-anak dan lansia.

“Program kerja berikutnya melakukan penyuluhan cara membuat hand sanitizer alami yang berasal dari daun sirih dan jeruk nipis yang dibagikan kepada masayarakat sekitar. Program ini diharapkan dapat mendorong masyarakat agar lebih produktif dan mampu memanfaatkan sumberdaya yang dimiliki untuk kepentingan bersama,” tutur dia.

Pena Siberindo

Lanjut Ramhadin, kelompok tim KKN ini juga membuat virgin coconut oil (VCO) atau minyak kelapa murni untuk Covid-19. Hal ini dapat terjadi karena kandungan lipid pada VCO dapat berinteraksi dengan lipid membran sel virus corona.

“Cairan VCO ini tergolong ampuh mengingat beberapa pasien dalam pengawasan (PDP) dan pasien positif Covid-19 di Pontianak mengonsumsi VCO yang diberikan dan hasilnya mereka dapat sembuh,” ulasnya.

Ramhadin berharap kepada masyarakat agar selalu memanfaatkan bahan-bahan alami di sekitar.

Salah satu warga Desa Lapodi, Kecamatan Pasarwajo, Kabupaten Buton, Wa Sania (43), mengucapkan banyak terima kasih kepada Tim KKN atas kegiatan yang dilakukan di daerahnya.

“Dengan adanya kegiatan dari KKN ini warga bisa memahami cara mencegah wabah Covid-19,” jelasnya.

Penulis : Amrin Lamena
Editor: Bas

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.