4 Pjs Bupati
Pemprov TNI
Pemprov Pancasila

KKN Temati UHO Luncurkan Database Kelurahan Berbasis Website di Punggolaka

PENASULTRA.ID, KENDARI – Meski telah memasuki tatanan kehidupan baru (new normal), masyarakat diimbau untuk tetap menjaga jarak (physical distancing) dan selalu menggunakan masker agar mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19.

Apalagi, hingga saat ini jumlah pasien terinfeksi virus corona terus meningkat. Sesuai data Gugus Tugas Covid-19 Sulawesi Tenggara (Sultra) pada 24 Juli 2020, total kasus pasien terinfekasi virus corona di Sultra mencapai 735 orang.

Dengan terus bertambahnya kasus, masih banyak sekolah bahkan kantor yang masih menerapkan work from home (WFH) atau bekerja dari rumah.

Melihat kondisi ini, tim Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Universitas Halu Oleo (UHO) menghadirkan program pembuatan dan pengelolaan database kelurahan berbasis website untuk RT/RW dan pegawai di Kelurahan Punggolaka, Kecamatan Puuwatu, Kendari.

Ketua Tim Pengabdian KKN Tematik UHO, Dr. Muhammad Kabil Djafar S.T., M.SI mengatakan, program ini dihadrikan untuk mengoptimalisasi kerja daring (online) atau WFH sebagai upaya pencegahan Covid-19.

“Semua KKN Tematik temanya pencegahan Covid-19. Untuk itu tim KKN buat website ini sebagai fokus program. Nama websitenya Punggolaka.com,” kata Kabil, Sabtu 25 Juli 2020.

Promo Pena
Pena Siberindo
Muhammad Kabil Djafar bersama Lurah Punggolaka. Foto: Istimewa

Menurutnya, website ini dapat memberikan kemudahan bagi perangkat kelurahan dan masyarakat untuk mendapatkan informasi. Sebab, selain database, website ini dapat dimanfaatkan masyarakat untuk mengajukan keluhan ataupun pengaduan ke pihak kelurahan.

“Dalam website ada informasi cara mencegah penyebaran Covid-19 serta data-data kelurahan. Warga juga dapat memyampaikan keluhan dan pengaduan,” beber Ketua Jurusan Matamatika MIPA ini.

Program website yang melibatkan 24 orang mahasiswa dari berbagai jurusan ini, katanya, diharapkan dapat menjadi acuan bagi kelurahan-kelurahan yang ada di Kendari.

“Operatornya kita sudah diajarkan cara menjalankannya. Mengganti data hingga megupdate data dan lain-lain. Kita sudah sosialisasi kepada masyarakat dan perangkat desa menjelang akhir KKN,” jelas Kabil.

Sementara itu, Lurah Punggolaka, Arnaldo mengapresiasi tim KKN Tematik UHO yang telah memberikan website ini.

“Kami sangat terbantu selama pandemi Covid-19. Ini juga jadi kelurahan pertama yang memiliki website di Kendari,” tutupnya.

Untuk diketahui, KKN Tematik UHO di Kelurahan Punggolaka dilaksanakan mulai 16 Juni hingga Juli 2020.

Penulis: Yeni Marinda

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.