Pemprov TNI
DPRD Gula
Pemprov Pemuda

Hanura Dukung SU-HP, Irwan Rata: Kader Yang Melawan Bakal Dapat Sanksi Tegas

PENASULTRA.ID, MUNA – Belum lama ini Dewan Pimipinan Pusat (DPP) Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) telah mengeluarkan rekomendasi kepada pasangan bakal calon (Balon) Bupati dan Wakil Bupati Muna, Syarifuddin Udu-Hasid Pedansa.

Dukungan ini diberikan kepada pasangan berakronim SU-HP karena dipercaya dapat memenangkan perhelatan pemilihan kepala daerah (Pilkada) Muna pada 9 Desember 2020 mendatang.

Namun, belakangan keputusan DPP Hanura tersebut dinilai tidak tepat dan menyalahi ketentuan partai dalam menjaring figur yang didukung.

Penilaian itu tidak lain datang dari Ketua Tim Pilkada Cabang (TPC) Hanura, La Irwan.

Seperti yang dilansir pada salah satu pemberitaan media lokal Sultra baru-baru ini, La Irwan mengatakan, jika merujuk dari hasil survei, semestinya yang direkomendasikan DPP Hanura adalah figur dengan elektabilitas tinggi, yakni peringkat satu, dua maupun peringkat tiga.

Bahkan, mantan aleg DPRD Muna ini menolak keputusan DPP Hanura, sebab dianggap rekomendasi yang diberikan kepada SU-HP adalah hal yang keliru.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Ketua DPC Hanura Muna, Irwan Rata mengatakan, pernyataan Ketua TPC Hanura adalah pernyataan yang sifatnya pribadi.

Selain Ketua TPC Hanura (La Irwan), tidak ada kader atau simpatisan maupun anggota DPRD fraksi Hanura yang menolak keputusan DPP.

“Terlalu naif jika pernyataan seorang Irwan yang merepresentasekan DPC Hanura Muna, karena ada ribuan kader dan simpatisan Hanura yang sudah menjalankan misi partai untuk memenangkan SU-HP di Pilkada Muna nanti,” kata Irwan Rata saat dihubungi via WhatsApp, Selasa 28 Juli 2020.

Ketua Fraksi Hanura DPRD Muna itu menyebutkan, selain sebagai balon Bupati Muna, SU adalah kader Hanura. Sehingga suatu keharusan bagi kader dan simpatisan untuk mendukung serta memenangkan SU di pesta demokrasi 2020.

“SU-HP, kami angap figur yang paling tepat mendapat simpati di hati rakyat. Keduanya memiliki peluang besar untuk memenangkan Pilkada Muna. Rujukanya jelas, rekam jejak beliau sebagai mantan Dirjen Keuangan Kemendagri RI serta pernah menjadi Plt Gubernur Jawa Tengah patut diperhitungkan,” jelas Irwan.

“Terkait tugas TPC Muna dalam merampungkan semua berkas balon yang mendaftar di DPC Hanura telah usai, selanjutnya diserahkan kepada Tim Penjaringan Pusat atau TPP. Dan Kewenang penuh dalam pegambil keputusan siapa balon yang direstui untuk berkometisi di Pilkada mendatang adalah ranah DPP,” sambungnya.

Setelah peyerahan rekomendasi ke pasangan SU-HP, kata Irwan, Ketua Umun DPP Partai Hanura Oesman Sapta Odang (OSO) memberikan intruksi kepada semua kader partai melalui Ketua DPD Hanura Sultra, Wa ode Nurhayati (WON) untuk memenangkan pasangan SU-HP di Pilkada Muna.

“Bagi kader yang melawan putusan ini, tentu ada sanksi tegas dari partai,” pungkas Irwan.

Penulis: Sudirman Behima
Editor: Yeni Marinda

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.