Pemprov Pemuda
Pemprov TNI
DPRD Gula

Nelayan Sombu Siap Dukung Haliana di Pilkada Wakatobi, Ini Alasannya

PENASULTRA.ID, WAKATOBI – Sejumlah nelayan di Desa Sombu nyatakan sikap mendukung pasangan H. Haliana-Ilmiati Daud di pemilihan kepala daerah (Pilkada) Wakatobi 2020 mendatang.

Dukungan sejumlah pahlawan bahari tersebut jatuh ke pasangan berakronim HATI karena dinilai mampu memberikan kesejahteraan bagi nelayan.

Salah seorang nelayan Desa Sombu, La Ode Abdul Rahmat mengatakan, kehadiran kapal pelingkar di perairan Wakatobi sangat merugikan nelayan. Sehingga membutuhkan sosok pemimpin yang cerdas dan berpihak kepada rakyat untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.

“Kita sangat dirugikan. Beberapa kali demo menolak kapal pelingkar tapi belum ada kejelasan dari pemerintah,” kata La Ode Abdul Rahmat saat diwawancarai di sela-sela kunjungan Haliana menghadiri undangan warga di Desa Sombu, Sabtu 2 Agustus 2020.

Menurutnya, sebelum ada kapal pelingkar, ia dan nelayan lainnya tak memiliki hambatan dalam mencari nafkah sehari-hari.

“Kami menikmati sekali mata pencaharian nelayan karena hasil memuaskan dan nilai jual tinggi di pasar. Sekarang kita mau cari untuk makan pun susah gara-gara kapal pelingkar,” beber La Ode Abdul Rahmat.

Senada, La Ode Rudua, nelayan lainnya mengatakan, konflik nelayan yang dinilai tak mampu diselesaikan pemerintah menjadi alasan untuk mendukung pemimpin baru yang memiliki visi perubahan di berbagai sektor.

Terutama sektor perikanan sebagai mata pencaharian sebagian besar masyarakat Wakatobi.

“75 persen masyarakat Desa Sombu hidup sebagai nelayan. Kami butuh pemimpin baru yang memiliki visi perubahan, yang bisa sejahterakan kami,” terang Rudua.

Menanggapi hal itu, bakal calon (balon) Bupati Wakatobi, Haliana mengatakan, salah satu program kesejahteraan nelayan yang bakal dicanangkan adalah membangun Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang membeli hasil nelayan, kemudian dipasarkan ke luar daerah maupun di ekspor.

Sumber Daya Alam (SDA) dan sektor kelautan perikanan, kata Haliana, menjadi unggulan yang mampu mensejahterakan nelayan maupun masyarakat secara umum.

Apalagi, didukung Sumber Daya Manusia (SDM) Wakatobi yang mumpuni. Ini terbukti sebagian besar perantau asal Wakatobi di luar negeri bekerja sebagai nelayan.

“SDM, SDA kelautan perikanan sudah kita miliki. Kita hadirkan pemerintah untuk memfasilitasi dan membina agar nelayan lebih mandiri. Dengan begitu tanpa harus merantau mereka bisa lebih sejahtera di Daerahnya sendiri,” jelas Ilmiati.

Untuk merealisasikan impian masyarakat, Haliana meminta nelayan agar tak selalu medoakan dirinya bersama Ilmiati Daud agar diberikan ridho oleh Allah SWT dalam perjuangannya memenangkan pilkada 2020.

Penulis: Deni La Ode Bono
Editor: Yeni Marinda

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.