Pemprov Pemuda
Pemprov TNI
DPRD Gula

Ras MD: Pemilih Irham Kalenggo Bisa Migrasi ke Surunuddin Dangga

PENASULTRA.ID, KONAWE SELATAN – Irham Kalenggo yang merupakan kompetitor potensial petahana dikabarkan kandas maju bertarung di pilkada Konawe Selatan (Konsel). Pasalnya, rekomendasi partai Golkar tidak jatuh ditangannya, melainkan digenggam petahana Surunuddin Dangga yang berpasangan dengan Rasyid, anggota DPRD Provinsi Sultra.

Bombana Gula

Sebagai ketua Golkar Konsel, Irham harus menerima kenyataan bahwa Golkar lebih memilih sang petahana.

Direktur Parameter Publik Indonesia, Ras MD menilai, pilihan DPP Golkar terhadap petahana sangat rasional. Menurutnya, partai berlambang beringin itu merupakan partai besar dan sangat matang dalam mengambil keputusan.

“Golkar partai besar dan tentu sangat matang dalam rangka mengambil keputusan serta ditunjang oleh system yang kuat,” ujar Ras dalam keterangan persnya, Sabtu 29 Agustus 2020.

Ras menyebut ada dua faktor besar pertimbangan DPP Golkar mengeluarkan B.1 KWK kepada calon peserta Pilkada khususnya di Konsel. Pertama, faktor emosional Parpol dengan calon peserta.

“Baik Surunuddin dan Irham Kalenggo, keduanya adalah kader Golkar. Bedanya, Surunuddin adalah kader senior di Golkar, sedangkan Irham kader muda Golkar,” sebutnya.

Kedua, lanjut Ras, adalah faktor keterpilihan. Golkar bahkan berkali-kali melakukan survei internal perihal keterpilihan kedua kader Golkar antara Surunuddin dan Irham, sejauh mana keterpilihan dan peluang masing-masing.

Pena Pemuda

“Berturut-turut hasilnya sang petahana Surunuddin Dangga keterpilihannya diatas Irham Kalenggo. Bahkan kategorinya Surunuddin Dangga adalah petahana kuat,” jelas Ras.

Lalu kemanakah electoral Irham Kalenggo pasca Golkar jatuh ditangan Surunuddin Dangga? Inilah pertanyaan menarik pasca Golkar bersikap di Pilkada Konsel.

Menanggapi migrasi dukungan Irham pasca Golkar jatuh ditangan Surunuddin, Ras yang juga mantan Manager Strategi KCI-LSI ini mengatakan tentu kecenderungannya akan bermigrasi ke Surunuddin.

“Pasalnya, pemilih mereka, punya karakter hampir sama. Dibeberapa data kami secara konsisten menggambarkan jika pemilih Irham dan Surunuddin Dangga punya kemiripan,” katanya.

“Pernah kami uji dalam simulasi survei, jika nama Irham ditiadakan dalam simulasi survey, maka besar pemilih Irham bermigrasi ke Surunuddin Dangga daripada ke figur lain. Begitupun sebaliknya,” terang Ras menambahkan.

Jika memang Irham Kalenggo benar-benar total mengawal kemenangan Surunuddin-Rasyid, Ras menegaskan akan makin besar lagi migrasi dukungan Irham ke petahana.

“Irham itu hanya butuh kesabaran saja jadi kader Golkar yang patuh terhadap kebijakan DPP Partai Golkar. Pilkada berikutnya, beliau punya kans besar menggantikan seniornya H. Surunuddin Dangga di Konsel,” pungkas Ras MD.(*)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.