Promo Pena

Lagi, BEI Raih Penghargaan The Best Islamic Capital Market di GIFA 2020

PENASULTRA.ID, JAKARTA – Pandemi Covid-19 tidak menjadi penghalang bagi PT. Bursa Efek Indonesia (BEI) untuk kembali meraih The Best Islamic Capital Market pada ajang penghargaan Internasional Global Islamic Finance Awards (GIFA) 2020.

Penghargaan tersebut diterima secara virtual oleh Direktur Utama BEI, Inarno Djajadi dalam acara Online Awards Ceremony (OAC) of the 10th GIFA yang disiarkan langsung dari Islamabad, Pakistan, Senin 14 September 2020.

Inarno mengatakan, pengahragaan ini diterima karena BEI dinilai secara konsisten berhasil memberikan pertumbuhan yang baik bagi perkembangan Pasar Modal Syariah di Indonesia dalam sembilan tahun terakhir.

Salah satunya capaian yang diraih BEI yakni Pasar Modal Syariah Indonesia dapat terus mengalami pertumbuhan di tengah ketidakpastian yang diakibatkan oleh Pandemi Covid-19 yang melanda dunia.

Data menunjukan per Agustus 2020, pasar saham syariah di Indonesia mendominasi dengan persentase jumlah saham syariah sebesar 63 persen dari total saham yang tercatat.

“Kapitalisasi pasar saham syariah sebesar 50 persen, volume perdagangan saham syariah sebesar 65 persen, frekuensi perdagangan saham syariah sebesar 68 persen dan nilai transaksi perdagangan saham syariah sebesar 52 persen dari total perdagangan saham di BEI,” kata Inarno melalui rilis persnya, Selasa 15 September 2020.

Menurutnya, pada 2019, BEI juga menerima penghargaan yang sama pada GIFA 2019. Capaian ini merupakan kategori penghargaan yang tertinggi dalam industri pasar modal syariah global.

“Selain itu, BEI juga telah menerima penghargaan sebagai The Best Supporting Institution for Islamic Finance of the Year 2016, 2017 dan 2018 serta penghargaan sebagai The Best Emerging Islamic Capital Market of the Year 2018,” beber Inarno.

Menurutnya, GIFA merupakan salah satu penghargaan internasional yang paling independen dan prestisius di industri keuangan syariah dunia. Proses seleksi nominator dilakukan secara transparan oleh pihak ketiga yang profesional dan independen. GIFA diselenggarakan oleh EdBiz Consulting yang berkantor pusat di London, Inggris.

“Suatu kehormatan bagi kami menerima penghargaan ini untuk kedua kalinya, terlebih di tengah Pandemi Covid-19 yang menekan kinerja Pasar Modal Syariah Global. Penghargaan ini memicu kami untuk terus berinovasi dalam mengembangkan industri Pasar Modal Syariah Indonesia,” tutup Inarno.

Penulis: Yeni Marinda

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.