DPRD Gula
Pemprov TNI
Pemprov Pemuda

40 Komunitas Siap Ikut Aksi WCD di Buteng

PENASULTRA.ID, BUTON TENGAH – 40 komunitas siap mengikuti aksi Word Cleanup Day (WCD) 2020 atau hari bersih-bersih sedunia di Kabupaten Buton Tengah (Buteng) pada 19 September 2020 mendatang.

Leader Tim WCD Buteng 2020, Abdul Igo mengatakan, berbeda dengan tahun sebelumnya (2019) yang dilaksanakan di Lombe Kecamatan Gu, tahun ini WCD akan berpusat di Kecamatan Mawasangka Timur (Mastim).

“Yang tercatat hingga saat ini sudah 40 komunitas dan lembaga yang siap aksi. Ada juga secara pribadi. Jumlah relawan yang diutus masing-masing komunitas ini juga bervariasi,” kata Igo, Rabu 16 September 2020.

Menurutnya, sesuai tema WCD 2020 yakni memilah sampah dari rumah, pihaknya tidak begitu fokus merekrut relawan, tetapi fokus pada jumlah sampah yang didapatkan serta edukasi kepada masyarakat.

“Masyarakat Mastim sangat antusias menyambut WCD ini, sehingga kami yakin sekalipun kondisinya lagi Covid-19 akan tetap meriah dan apa yang menjadi tujuan WCD ini akan tercapai,” tutup Igo.

Untuk diketahui, WCD adalah event Internasional dalam menjaga lingkungan yang telah dilaksanakan sejak 2018 lalu serta digelar secera serentak di 157 negara di dunia termasuk Indonesia.

Semenjak 2018 event WCD berhasil menyatukan 18 juta orang dari seluruh dunia dan mengumpulkan 88.000 ton sampah.

Indonesia pun menorehkan sejarah dengan menjadi negara pemimpin cleanup terbesar dalam dua tahun berturut-turut.

Penulis: Amrin Lamene
Editor: Yeni Marinda

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.