Promo Pena

KKN Tematik Fakultas Kedokteran UHO di Mubar Fokus Pencegahan Covid-19

PENASULTRA.ID, KENDARI – Di Sulawesi Tenggara (Sultra) jumlah kasus positif Covid-19 terus meningkat. Sesuai data Gugus Tugas Covid-19 Sultra, per 24 September 2020 kasus pasien terinveksi virus corona mencapai 2422.

Melihat hal tersebut, berbagai pihak ikut andil untuk memutusan mata rantai penyebaran Covid-19. Salah satunya datang dari mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Universitas Halu Oleo (UHO).

Pada KKN Tematik 2020 ini, mahasiswa diarahkan untuk ikut membantu pemerintah menangani pandemi Covid-19 dengan membuat program upaya penanganan penyebaran Covid-19 di kalangan masyarakat umum.

Seperti yang dilakukan kelompok mahasiswa KKN Fakultas Kedokteran UHO di Kecamatan Tiworo Tengah dan Tiworo Kepulauan, Kabupaten Muna Barat (Mubar).

Kelompok ini membuat program berupa pemberian edukasi dan pembagian alat-alat yang membantu mencegah penyebaran virus.

Ketua Kelompok KKN Tematik, La Ode Muhammad Albar mengatakan, beberapa kegiatan yang dilaksanakan pihaknya yakni memberikan edukasi penggunaan masker dan handsanitizer kepada masyarakat.

“Serta pembagiannya masker dan handsnitzer secara cuma-cuma ditiga pasar tradisional yang terletak di dua kecamatan tersebut,” kata Albar melalui rilis persnya, Kamis 24 September 2020

Tak hanya itu, hal serupa juga dilakukan disejumlah sekolah, Puskesmas yang serta di RSUD Kabupaten Muna Barat. Bahkan pihaknya juga menyiapkan tempat cuci tangan dan spanduk edukatif cara cuci tangan yang baik dan benar.

“Ada pula pembagian dan pemasangan spanduk edukasi pola hidup new normal serta pembagian alat pelindung diri bagi tenaga kesehatan yang bekerja di Puskesmas dan RSUD Mubar. Respon pemda dan masyarakat sangat baik,” beber Albar.

Salah seorang dosen pembimbing lapangan, dr. Arimaswaty mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan untuk meningkatkan peran civitias perguruan tinggi untuk menerapkan salah satu tri dharma perguruan tinggi.

“Hasilnya terbilang sangat baik dan telah dilaksanakan dengan baik dan sesuai target yang diharapkan,” jelas dr. Ari.

Untuk diketahui, KKN Tematik ini telah dilaksanakan pada 18-23 Agustus 2020 lalu.

Penulis: Yeni Marinda

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.