Promo Pena

16 Pilkades di Buteng Bakal Digelar Serentak Desember

PENASULTRA.ID, BUTON TENGAH – Sempat ditunda, pelaksanaan 16 Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) yang tergabung dalam gelombang ketiga di Kabupaten Buton Tengah (Buteng) kini paten bakal digelar akhir tahun ini.

Covid-19 Pemprov

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas (Kadis) Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Armin, saat rapat kerja bersama panitia pemilihan dan pengawas Pilkades di Aula Kantor Bupati, Jumat 2 Oktober 2020.

Armin menjelaskan pelaksanaan Pilkades gelombang ketiga ini sejatinya dilaksanakan pada bulan Oktober 2020, namun karena penyebaran Covid-19 dan menyusul Surat Edaran Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) perihal penundaan pelaksanaan Pilkades serentak tertanggal 10 Agustus lalu untuk menyukseskan pelaksanaan Pilkada serentak terlebih dahulu.

“Jadi wajar memang kalau masyarakat beranggapan kalau Pilkades serentak tidak dilaksanakan 2020 ini. Tapi ini sudah akan dihelat pada 14 Desember mendatang,” kata Armin dalam sambutannya.

Dalam pelaksanaan Pilkades serentak ini, kata dia, ada empat tahapan yang harus dilakukan, yakni persiapan, pencalonan, pemungutan suara dan penetapan.

Promo Pena

“Untuk tahapan persiapan ini sudah kita lakukan dari beberapa bulan lalu, termasuk rapat kerja ini bagian dari tahapan persiapan,” tutur Armin.

Sekedar diketahui, Pilkades serentak di Kabupaten Buteng tahun 2020 ini akan diikuti 16 desa yang tersebar di 7 kecamatan.

Ke 16 desa tersebut masing-masing, Desa Tolandona Matanaeo (Kecamatan Sangia Wambulu), Desa Wadiabero, Desa Rahia, Desa Wakeakea, Desa Waliko, dan Desa Walando (Kecamatan Gu), Desa Mone (Kecamatan Lakudo), Desa Lanto (Kecamatan Mawasangka Tengah).

Selanjutnya, Desa Lagili, Desa Bonemarambe, Desa Inulu, dan Desa Lasori (Kecamatan Mawasangka Timur), Desa Wasilomata II dan Desa Dahiango (Kecamatan Mawasangka), Desa Talaga Besar dan Desa Talaga II (Kecamatan Talaga Raya).(*)

Penulis: Amrin Lamena

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.