Promo Pena

Bangun Konektifitas, Kadis Kominfo Sultra Kunker di Kominfo Konawe

PENASULTRA.ID, KONAWE – Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Sulawesi Tenggara (Sultra) lakukan kunjungan kerja (Kunker) di Dinas Kominfo Konawe, Kamis 8 Oktober 2020.

Promo Pena

Dalam kunker itu, Kepala Dinas Kominfo Sultra M. Ridwan Badallah hanya didampingi sejumlah Kepala Bidang (Kabid) dan staf Kominfo Konawe. Sementara Kadis Kominfo Konawe tidak berada di tempat.

Kepala Dinas Kominfo Sultra, M. Ridwan Badallah mengatakan kunker kali ini di Konawe untuk membangunan konektifitas antara kabupaten provinsi dalam rangka membangun sistem informasi dan komunikasi berbasis digital.

Ia menjelaskan, ada beberapa program yang harus disiapkan Kominfo diantaranya Securitas informasi dan komunikasi berbasis digital, tanda tangan berbasis digital, Kominfo harus punya server, data center, satu aplikasi satu data, maintanance dan masih banyak yang lain.

“Semua itu tuntutan zaman karena serba digital apalagi di era 4.0 saat ini. Jadi semua harus berbasis elektronik,” kata Ridwan Badallah.

Sebagai contoh, Dinas A ingin buat aplikasi, Kominfo akan siapakan perangkatnya termasuk servernya. Sehingga nantinya, data daerah bisa masuk ke data Kominfo Sultra kemudian akan dilanjukan di pusat.

Promo Pena

Sebetulnya, tambah Ridwan, dibutuhkan keberanian pemimpin dalam melakukan desain. Sebab, pimpinan butuh diyakinkan dengan konsep.

“Seorang pemimpin harus mampu yakinkan pimpinannya dengan menggunakan berbagai link sektor,” ujar Ridwan.

Sementara itu, Kabid Penyelenggaran E-Goverment Dinas Kominfo Konawe mengungkapkan salah satu kendala yang dialami Kominfo Konawe adalah masih kurangnya infrastruktur dasar tenaga listrik.

“Kami masih terkendala anggaran. Banyak tuntutan yang kami usulkan termasuk infrastruktur dasar, hanya belum ada yang di proses,” ungkapnya.

Ia mengakui jika di Kominfo Konawe sumber daya manusia (SDM) masih kurang. Disamping itu, tugas Kominfo masih diambil alih oleh Kabag Humas.

Penulis: Basisa

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.