Pemprov TNI
Pemprov Pemuda
DPRD Gula

Milenial Kaledupa Serukan Tolak Money Politic di Pilkada Wakatobi

PENASULTRA.ID, WAKATOBI – Sejumlah mahasiswa dan pemuda Pulau Kaledupa menolak praktek politik uang (money politic) dalam pemilihan kepala daerah (pilkada) Wakatobi pada Desember 2020 mendatang.

Bombana Gula
Pena Pemuda

Penolakan politik uang tersebut akan disuarakan melalui aksi damai dalam kampanye dialogis pasangan calon (paslon) Haliana-Ilmiati Daud yang bakal diadakan pada Kamis 15 Oktober 2020.

Sebelumnya, aksi damai tolak money politic juga dilakukan terhadap paslon Arhawi-Hardin La Omo yang sudah melakukan kampanye lebih dulu di Pulau Kaledupa.

Korlap aksi tolak money politic, Muhammad Hafid mengatakan, penolakan ini bertujuan untuk memberikan kebebasan kepada masyarakat memilih pemimpinnya sesuai dengan hati nurani.

“Kami minta para kandidat agar tidak mencari suara dengan memberikan uang kepada masyarakat. Biarkan masyarakat memilih dengan hati nurani. Tanpa money politic, pemimpin yang kita pilih lebih berkualitas sebagaimana amanah demokrasi kita,” kata Hafid, Rabu 14 Oktober 2020.

Menurutnya, sebagai elemen pemuda dan mahasiswa, pihaknya akan terus memantau pergerakan tim sukses (timses) masing-masing paslon. Jika terindikasi bermain politik uang, hal tersebut akan dilaporkan kepada Bawaslu.

Amatan wartawan PENASULTRA.ID, usai aksi unjuk rasa pemuda dan mahasiswa Kaledupa meminta Haliana sebagai calon Bupati Wakatobi untuk menandatangani pernyataan money politic.

Penulis: Deni La Ode Bono
Editor: Yeni Marinda

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.