Promo Pena

Ini Alasan Umar Bonte All Out Memenangkan RAPI di Pilkada Muna

PENASULTRA.ID, MUNA – Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Umar Bonte turun gunung untuk mendukung dan memenangkan pasangan calon (paslon) Bupati dan Wakil Bupati Muna, LM Rajiun Tumada-La Pili pada pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak 9 Desember 2020 mendatang.

Pada kampanye Paslon berakronim RAPI di Kecamatan Watopute, Umar Bonte dengan gamblang mengungkapkan tujuan kehadirannya tersebut.

Umar Bonte mengatakan, dalam konteks politik ada empat keseimbangan yang wajib dimiliki oleh seorang pemimpin di Muna.

Pertama dapat membaca bahwa Muna adalah daerah yang plural (majemuk), baik suku maupun agama. Untuk itu pemimpin wajib memahami keragaman tersebut.

“Pak Rajiun yang pernah pemimpin Muna Barat mampu mengelola keberagaman itu. Keberagaman itu harus dikelola dengan persatuan. Jika tidak, maka akan terjadi situasi yang tak menentu dan masyarakat tidak terkontrol dengan baik,” kata Umar usai mengikuti kampanye pasalon RAPI, Senin 19 Oktober 2020.

Kemudian, kata mantan anggota DPRD Kendari itu, seorang pemimpin harus orang yang bisa memahami dinamika dengan persaudaraan. Boleh saja berbeda politik, boleh saja berdinamika, akan tetapi harus tetap menunjung tinggi rasa persaudaraan.

“Nah dan ini sudah dilakukan oleh LM Rajiun,” terang UB sapaanya.

Keseimbangan yang keempat yakni pemimpin harus bisa membarengi kompetisi dengan jiwa sportifitas. Sosok seperti itu ada pada seorang LM Rajiun Tumada.

“Yang terakhir adalah bagaimana kemerdekaan dibarengi dengan kesejahteraan. Kita butuh kemerdekaan di Muna. 20 tahun masyarakat Muna merasa terjajah dengan pemerintahan yang sebetulnya tidak berpihak kepada rakyat,” beber UB.

“Hari ini kita berharap kepada Pak Rajiun. Kemerdekaan dibarengi dengan kesejahteraan, mudah-mudahan dengan Pak Rajiun itu bisa terwujud. Inilah yang membuat kita turun full atau all out untuk kemenangan RAPI,” pungkas UB.

Penulis: Sudirman Behima
Editor: Yeni Marinda

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.