Promo Pena

Diduga Bertindak Tak Prosedural, Kadis Kesehatan Konsel Dilapor ke Ombusman

PENASULTRA.ID, KONAWE SELATAN – Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Himpunan Advokat Muda Indonesia (HAMI) melaporkan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), dr. Maharayu ke Ombudsman RI Perwakilan Sulawesi Tenggara (Sultra), Selasa 20 Oktober 2020.

Laporan bernomor 04/Lap-SL0/2020 tersebut dilayangkan karena dr. Maharayu dinilai tidak prosedural dalam mencopot Kepala Puskesmas (Kapus) Tinanggea, Ilham Hilal dari jabatannya pada 13 Oktober 2020 lalu.

“Sudah dilaporankan dan telah diterima,” kata Ketua LBH HAMI Konsel, Samsuddin melalui rilis persnya, Selasa 20 Oktober 2020.

Menurutnya, dr. Maharayu telah keliru dan salah mengeluarkan surat perintah pelaksana tugas bernomor 440/460.

Sebab, dr. Maharayu bukanlah Bupati Konsel yang mempunyai kewenangan untuk mengangkat dan memberhentikan Kapus Tinanggea dengan alasan apapun.

“Sesuai Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 43 tahun 2019 tentang pusat kesehatan masyarakat pada pasal 44 ayat 1 menjelaskan, kepala puskesmas diangkat dan diberhentikan oleh bupati atau wali kota,” terang Samsuddin.

Ia berharap, Ombudsman RI perwakilan Sultra segera memerikasa dr. Maharayu.

“Ini perlu lagi untuk membuka Peraturan Menteri Kesehatan jangan asal main copot saja dan kami juga melihat kepala dinas ini telah gagal membina bawahannya” pungkas Samsuddin.

Penulis: Yeni Marinda

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.