Promo Pena

Paslon HATI Programkan Pendidikan Gratis

PENASULTRA.ID, WAKATOBI – Pasangan calon (paslon) Bupati dan Wakil Wakatobi, H. Haliana-Ilmiati Daud terus memperkenalkan program pro rakyatnya kepada masyarakat.

Setelah sejumlah program diperkenalkan, kali ini paslong berakronim HATI tersebut memperkenalkan program pendidikan gratis saat kampanye dialogis di Desa Balasuna, Kecamatan Kaledupa, Selasa 20 Oktober 2020.

Haliana mengatakan, pendidikan gratis akan diberlakukan untuk sekolah tingkat sekolah dasar (SD) hingga sekolah menengah atas (SMA) yang sumber anggarannya dari bantuan operasional sekolah (BOS) APBN dan APBD Kabupaten Wakatobi.

“Setelah kami hitung kita hanya membutuhkan biaya kurang lebih Rp8 sampai Rp10 miliar dari APBD. Kalau ditambah dengan BOS maka pendidikan kita untuk sekolah tingkat SD sampai SMA bisa kita gratiskan,” kata Haliana.

Menurutnya, pendidikan gratis ini merupakan program pendidikan merdeka yang dituangkan dalam visi misi Berhati Emas yang bertujuan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa sesuai dengan amanah UUD 1945.

Selain menggratiskan pendidikan, paslon nomor 2 ini juga memprogramkan beasiswa yang diperuntukan kepada mahasiswa berprestasi serta siswa miskin.

Beasiswa ini juga akan dimanfaatkan untuk membiayai lima mahasiswa S2 dan dokter ahli setiap tahun.

(Sebagai alumni Universitas Halu Oleo, ke depan kami akan melakukan kerjasama dengan kampus yang pernah membesarkannya dalam menambahkan kuota bidik misi kepada siswa asal Wakatobi yang berkeinginan melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi,” tutup Haliana.

Penulis: Deni La Ode Bono
Editor: Yeni Marinda

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.