Promo Pena

Survei Calon Wakil Bupati Konsel, Rasyid Ungguli Dua Pesaingnya

PENASULTRA.ID, KONAWE SELATAN – Parameter Publik Indonesia (PPI) kembali membocorkan data survei terbarunya di Pilkada Konsel Desember 2020 mendatang. Kali ini, bocoran surveinya terkait peran calon wakil bupati dalam meningkatkan elektoral dalam pertarungan pilkada.

Promo Pena

Seperti diketahui, Pilkada Konsel diikuti tiga pasang kandidat yang saat ini sedang bertarung. Pasangan Rusmin Abd Gani-Senawan Silondae, Pasangan Surunuddin Dangga-Rasyid, serta pasangan Muh. Endang-Wahyu Ade Pratama.

Direktur Eksekutif PPI, Ras Md, mengatakan peran wakil dalam ajang pertarungan Pilkada sangatlah strategis. Pasalnya, wakil adalah penyempurna figur utama. Bahkan dalam penentuan wakil, ada sejumlah variabel yang mesti diperhatikan oleh figur utama.

Variabel pertama, penerimaan dan keterpilihan calon wakil. Kedua, variabel latar belakang profesi. Seperti perkawinan birokrasi legislatif ataukah perkawinan pengusaha politisi. Ketiga, variabel usia tua dan muda. 

Pena Maulid

“Nah ini sejumlah variabel dari sekian variabel yang mesti diperhatikan oleh sang figur utama dalam menentukan pasangannya,” katanya.

Dari tiga nama calon wakil bupati yang saat ini sedang berjuang, Ras menyebut Rasyid menempati posisi teratas dengan tingkat pengenalan mencapai 70,20 persen. Diurutan kedua, ditempati oleh Wahyu Ade Pratama 57, 30 persen. Terakhir Senawan Silondae 56, 90 persen. 

“Secara pengenalan disurvei terbaru kami, Rasyid unggul dari dua figur wakil lainnya. Sedangkan soal kesukaan. Lagi-lagi Rasyid menempati posisi pertama dengan tingkat kesukaan mencapai 67.80 persen. Wahyu Ade pratama 64,90 persen dan Senawan Silondae 63,80 persen,” beber mantan Manager Strategi LSI Denny JA itu.

“Jika kita rangking soal kontribusi elektoral calon wakil terhadap figur utamanya, yang paling besar daya pikat elektoralnya adalah Rasyid, karena secara pengenalan ia tertinggi. Begitupun juga dari aspek kesukaan. kedua Wahyu Ade pratama, dan terakhir adalah Senawan Silondae,” pungkasnya.

Penulis : Supyan
Editor : Bas

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.