Promo Pena

Diduga Lakukan Tindak Pidana Pemilu, Kades Tano Meha Dilaporkan Ke Gakumdu

PENASULTRA.ID, WAKATOBI – Kepala Desa Tano Meha, Kecamatan Kaledupa Selatan, Mardan dilaporkan ke Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakumdu), Kabupaten Wakatobi atas dugaan pelanggaran tindak pidana pemilihan umum (pemilu).

Ia dilaporkan oleh salah seorang pemuda pemerhati demokrasi, Baharudin di Kantor Gakumdu Wangiwangi, Selasa 27 Oktober 2020 karena diduga melakukan pengancaman terhadap Kangkang, warga dusun Lohoa yang tidak mendukung Arhawi pada Pilkada 2020.

Laporan tersebut, kata Baharudin atas dasar pengakuan Kangkang saat kampanye paslon nomor urut 2, H. Haliana-Ilmiati Daud (HATI) di Desa Tano Meha, 20 Oktober 2020 lalu.

“Saat ditanyai jurkam, Kangkang mengaku pernah diancam kadesnya jika tidak mendukung Arhawi, maka rumahnya akan dibakar. Ancaman itu dilakukan Kades di bawah kolong rumah saat pencairan BST, 14 Oktober 2020 lalu,” beber Baharudin.

Mendengar pengakuan itu, Baharudin meminta Kangkang untuk memberikan informasi detail soal peristiwa tersebut agar menjadi bahan pelaporannya.

Baharudin mengaku terpanggil untuk melaporkan hal tersebut, karena telah merusak tatanan demokrasi pilkada.

Dalam laporannya, Baharudin membawa dua saksi dan surat pernyataan Kangkang secara tertulis sebagai barang bukti dugaan pelanggaran tindak pidana pemilu tersebut.

Ia juga berencana melaporkan salah satu oknum anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) Tano Meha yang juga diduga melakukan ancaman pembunuhan terhadap warga Lohoa, La Lega, setelah ia mengumpulkan barang bukti.

Menanggapi hal itu, Kordiv Hukum dan penanganan pelanggaran, La Ode Januria mengatakan, dalam waktu 24 jam Gakumdu akan mengkaji laporan tersebut, apakah laporan itu memenuhi syarat formil dan materil atau tidak.

“Jika memenuhi syarat, maka Gakumdu akan melanjutkan proses hukum,” tutup Januria.

Sebelumnya, Mardan juga telah melaporkan paslon HATI di Gakumdu atas dugaan fitnah dan menghasut dalam kampanye.

Penulis: Deni La Ode Bono
Editor: Yeni Marinda

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.