Promo Pena

Bendera Merah Putih Sepanjang 92 Meter ‘Selimuti’ Pantai Katembe

PENASULTRA.ID, BUTON TENGAH – Dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda ke 92 tahun yang jatuh pada tanggal 28 Oktober, komunitas Buton Tengah Kreatif (BTC) menggelar kegiatan ‘camping merah putih’ di Pantai Katembe, Desa Madongka, Kabupaten Buton Tengah (Buteng), Sulawesi Tenggara (Sultra).

Promo Pena

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari (27-28 Oktober 2020) ini berhasil menyatukan 32 komunitas yang diikuti 200 orang lebih peserta yang berasal dari berbagai daerah, seperti Kabupaten Buton, Baubau, Buton Selatan, Muna, Muna Barat, dan Buton Tengah selaku tuan rumah.

Dipuncak perayaan Hari Sumpah Pemuda, ratusan peserta beramai-ramai membentangkan Bendera Merah Putih berukuran raksasa yang menyusuri bibir Pantai Katembe.

Pembentangan Bendera Merah Putih sepanjang 92 meter ini mempunyai filosofi tersendiri. Sebagaimana simbol dari usia diikrarkannya Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 1928 silam.

“Simbol dari usia sejak dicetuskannya Sumpah Pemuda,” jelas ketua BTC, Yulisnawa Abbas.

Pena Maulid

Perempuan yang akrab disapa Yulis ini mengungkapkan, selain pembentangan bendara merah putih berukuran raksasa tersebut, di Camping Merah Putih ini juga pihaknya menggelar sejumlah kegiatan. Diantaranya, pentas seni, dialog kepemudaan, game dan aksi bersih-bersih.

“Harapan kami melalui momentum Sumpah Pemuda ini kita bisa saling mengenal, berbagi, shearing ide dan gagasan,” tuturnya.

Menurut dia, pemuda di Buteng memiliki banyak kreatifitas, namun terkadang tidak terakomodir karena masing-masing jalan sendiri-sendiri.

“Seutas lidih itu memang rapuh, tapi kalau ada 10 hingga ratusan lidih yang bersatu pasti kuat. Nah, kolaborasi inilah yang kita harapkan,” tegas Yulis.(*)

Penulis: Amrin Lamena

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.