Promo Pena

RE Diduga Terlibat Pidana Pemilihan, Kuasa Hukum RAPI: Ancaman Penjara 18 Bulan

PENASULTRA.ID, MUNA – Calon bupati Muna LM. Rusman Emba diduga terlibat pelanggaran pidana pemilihan. Akibat dugaan itu, LM. Rusman Emba masuk pembahasan di Sentra Gakkumdu.

Promo Pena

Kejadian itu, dilaporkan oleh sekelompok masyarakat merasa resah atas tindakan petahana yang melakukan pelanggaran pidana pemilihan secara jelas namun tidak ditanggapi dalam mekanisme temuan oleh pengawas pemilihan.

Menanggapi hal tersebut, Kuasa Hukum Paslon LM. Rajiun Tumada-H. La Pili (RAPI) Al Samiru, mengaku sudah mempelajari kasus tersebut. Menurut Sem sapaan Al Samiru, pelanggaran pidana itu jelas, sehingga Sentra Gakkumdu akan diuji konsistensinya dalam menegakkan keadilan pemilihan dalam Pilkada Muna 2020.

“Kasusnya jelas. Dari kasus ini kita bisa lihat posisi Sentra Gakkumdu hari ini ada dimana. Semoga mereka menunjukkan kinerja yang baik. Terkhusus, Bawaslu Muna, pasti tahu konsekuensinya jika main-main dengan kewenangannya,” ungkap Sem, Kamis 29 Oktober 2020.

Pena Maulid

Ia menjelaskan, atas kejadian tersebut, oknum Paslon Bupati LM. Rusman Emba disinyalir melakukan perbuatan yang bertentangan dengan Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2015 Pasal 69 Jo Pasal 68 PKPU 4 Tahun 2017, dengan ancaman pidana penjara 18 bulan penjara.

“Sanksinya penjara 18 bulan. Ini kasus jelas. Kami sudah mendiskusikan beberapa ahli pidana pemilihan, dan tidak ada peluang Rusman untuk lepas dari pidana pemilihan,” tegas Sem.

Meski pesimis dengan independensi beberapa oknum Bawaslu Muna hari ini, Sem berharap Bawaslu Muna tidak bermain-main dengan kasus itu. Ada beberapa bukti yang ia pegang berkaitan dengan independensi penyelenggara pengawas pemilihan itu.

“Saya pesimis dengan independensi beberapa oknum di Bawaslu Muna. Saya tidak menggeneralisir ya. Namun saya yakin mereka tidak mau ambil resiko dari kasus ini. Karena pertaruhan kasus ini adalah jabatan mereka sendiri. Saya janji akan membawa ini ke jenjang yang lebih seru jika ada yang main-main,” pungkas Sem.

Penulis: Sudirman Behima
Editor: Bas

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.