Promo Pena

Bupati Buteng Eksplor Keindahan Gua Laumehe

PENASULTRA.ID, BUTON TENGAH – Bupati Buton Tengah (Buteng) H. Samahuddin mengunjungi Gua Laumehe yang terletak di Desa Wantopi, Kecamatan Mawasangka Timur.

Promo Pena

Pada kesempatan ini, Bupati Buteng yang ditemani sejumlah kepala dinas di lingkup OPD Buteng dan Kelompok Studi Kars Universitas Gajah Mada (UGM) menyempatkan diri untuk menjelajahi keindahan gua kering yang tengah dikembangkan tersebut.

Tak tanggung-tanggung, orang nomor satu di daerah berjuluk ‘Negeri Seribu Gua’ ini harus rela naik turun memanjat tebing-tebing gua hingga kedalaman 300 meter.

Sesekali, bapak dari dua anak ini, terlihat harus menghentikan langkah untuk menarik nafas dan menyekah keringat. Di usianya yang suda tidak tergolong budah itu, tak membuat semangatnya padam untuk mengeskplor keindahan surga bawah tanah tersebut.

Setelah berjalan sejauh 300 meter rasa lelah yang dirasakan oleh Ketua PDI Perjuangan Buteng itu akhirnya terbayarkan dengan menikmati keindahan stalakmit yang terpahat pada dinding-dinding gua Laumehe.

“Cape juga e, tapi itu terbayar dengan keindahan staladmitnya. Coba saya masih muda, pasti saya lambung kalian tadi itu,” ungkap Samahuddin, Rabu 4 November 2020.

Pena Maulid

Di tempat yang sama, Koordinator Kelompok Studi Kars UGM Prof. Eko Haryono selaku peneliti dan pihak ketiga pengembang Gua Laumehe itu mengungkapkan, bahwa Gua Laumehe memiliki daya tarik yang kuat untuk dikembangkan sebagai destinasi wisata alam.

“Ornamennya padat, lebih banyak dan berfariasi. Ornamen ini ada stalakmid, stalastik. Jadi itu keunggulannya, Karena banyak juga gua yang dikembang tidak tidak sepadat ini ornamendnya,” ucapnya.

Selain itu, yang menjadi salah satu keunggalan dari Gua Laumehe ini, yakni jalurnya yang masi tergolong mudah, sehingga sangat memungkinkan para wisatawan pecinta alam dengan mudah untuk menikmati keindahan dari Gua Laumehe ini.

“Selain itu jalurnya, gua ini indah tapi jalur masi tergolong mudah,” tambah dia.

Dari perkiraan Kelompok Studi Kars UGM ini juga, Gua Laumehe memiliki panjang hingga 1 kilo meter, namun yang dikembangkan saat ini untuk dinikmati wisatan baru sampai jarak 300 meter.

“Yang dikembangkan sepanjang 300 meter. Untuk keseluruhan panjangnya memungkinkan sampai 1 kilo meter. Terowongannya juga masih ada beberapa, tapi itu musti butuh alat khusus untuk dijelejahi,” jelasnya.

Penulis : Amrin Lamena
Editor: Bas

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.