PENASULTRA.ID, KENDARI – Mobil elektrifikasi Toyota, khususnya yang berjenis hybrid cukup menjadi pilihan bagi konsumen di Indonesia, termasuk di wilayah Sulawesi.
Mobil ramah lingkungan tersebut bahkan merajai mobil hybrid di wilayah Sulawesi. Penjualan Kalla Toyota di Sulawesi meliputi Sulawesi Selatan (Sulsel), Sulawesi Tenggara (Sultra), Sulawesi Barat (Sulbar), dan Sulawesi Tengah (Sulteng).
Sesuai data, Kalla Toyota mencatat market share Toyota hybrid berada pada angka 70 persen di Sulawesi. Peningkatan penjualan Toyota hybrid pada 2025 pun melonjak 40 persen dibandingkan 2024. Data ini menunjukkan Toyota Hybrid tetap kokoh di puncak pasar Hybrid.
General Manager Marketing Kalla Toyota, Suliadin mengatakan, Toyota hybrid memberikan kontribusi hingga 10 persen dari total penjualan Kalla Toyota.
“Hingga Agustus 2025 terjual 855 unit Toyota hybrid. Kontribusi terhadap penjualan Kalla Toyota mendekati angka 10 persen,” kata Suliadin, Rabu 10 Agustus 2025.
Menurutnya, tipe mobil idaman Toyota hybrid yakni Innova Zenix Hybrid dan Yaris Cross Hybrid.
“Model yang paling banyak diminati adalah Toyota Innova Zenix hybrid memberikan kontribusi penjualan hingga 80 persen dan disusul Yaris Cross hybrid sekitar 14 persen,” ujar Suliadin.
Strategi Pemasaran dan Layanan, Kunci Toyota Jadi Primadona
Ia optimis dan menargetkan penjualan dan market share Toyota hybrid terus meningkat hingga akhir 2025. Hal itu diyakini karena Kalla Toyota didukung dengan program penjualan dan pelayanan yang baik.
Ada berbagai program yang turut mendorong Toyota hybrid menjadi andalan, diantaranya program Smart Upgrade 2.0.
Sejak diluncurkan pada Juli 2025, Smart Upgrade 2.0 hadir dengan inovasi pada sistem cicilan yang dirancang untuk meringankan beban finansial pelanggan dengan tagline semakin murah, mudah, dan semakin maksimal.
“Smart Upgrade 2.0 hadir dengan cicilan turun tiap tahun dan nilai harga jual kembali yang dijamin tinggi,” tutur Suliadin.
Discussion about this post