Titik balik perjalanan Mezzo Rise in Art terjadi ketika Ilham serius mengoptimalkan Shopee sebagai etalase digital utama. Shopee bukan hanya marketplace, tetapi wadah yang mempertemukannya dengan pasar yang jauh lebih luas. Pelan tapi pasti, produk fesyen Mezzo Rise in Art mulai dilirik konsumen.
Jika di hari biasa Ilham hanya menerima 30 sampai 40 pesanan per bulan, maka melalui berbagai kampanye besar seperti Big Ramadan Sale, hingga 12.12 Birthday Sale, orderannya bisa melonjak drastis dengan rata-rata hingga 500 potong per hari, sebuah capaian yang tak pernah ia bayangkan sebelumnya.
Selain peningkatan penjualan, Shopee juga mendampingi para UMKM seperti Mezzo in Art dengan pengetahuan praktis untuk mengelola bisnis digital. Melalui program pendampingan dan kelas pelatihan, ia mempelajari strategi promosi, pemanfaatan iklan, hingga pelayanan pelanggan yang efektif.
Saat ini, aktif mengoptimalkan berbagai fitur Shopee, mulai dari Shopee Live, Shopee Video, hingga Shopee Affiliate Program juga menjadi salah satu strategi utama. Berkat konsistensi tersebut, kini sekitar 70 persen penjualan Mezzo Rise in Art berasal dari Shopee.
Pertumbuhan tersebut mendorong Ilham untuk memperbesar kapasitas bisnisnya. Dari yang awalnya dikerjakan seorang diri, kini sudah mempekerjakan 6 orang di lingkungannya. Sebagian besar karyawan fokus pada produksi di konveksi, sementara sisanya menangani packaging.
Untuk promosi dan keuangan, Ilham masih turun tangan langsung. Omzetnya pun kini sudah menembus puluhan juta rupiah per bulan.
“Shopee memberi saya ruang untuk tumbuh. Dari ikut kampanye, program kelas, sampai fitur-fitur seperti Shopee Live dan Shopee Video, semua membantu saya membangun brand yang lebih profesional. Kalau dulu saya hanya berharap ada satu-dua pesanan masuk, sekarang Mezzo Rise in Art bisa melayani ratusan konsumen dalam sehari,” ungkap Ilham.
Kedepannya, Ilham berencana memperkuat fondasi bisnis Mezzo Rise in Art dengan manajemen produksi yang lebih terstruktur. Saat ini, ia juga bermimpi agar produk fesyennya dapat menembus pasar mancanegara sekaligus membuka banyak lapangan pekerjaan.
“Kalau saya yang memulai dari nol bisa sampai di titik ini, saya yakin anak muda lain juga bisa. Kuncinya adalah konsistensi, semangat belajar, dan memanfaatkan platform digital seperti Shopee yang membuka banyak jalan,” pungkas Ilham.
Editor: Ridho Achmed
Jangan lewatkan video populer:
Discussion about this post