Kemudian, ada 28 persen pelaku usaha di Indonesia menyatakan bahwa mereka tidak akan bertahan selama pandemi jika bukan karena platform digital. Dan terakhir, Indonesia adalah tujuan investasi digital terpopuler di Asia Tenggara.
Di samping itu, lanjut Angela, Kementerian Perdagangan memprediksi bahwa ekonomi digital Indonesia akan tumbuh menjadi Rp4.531 triliun pada tahun 2030. Saat itu sektor e-commerce menjadi penopang utama.
Sehingga pemahaman mengenai ekonomi digital dan peluangnya perlu kita sebar luaskan kepada generasi muda Indonesia. Upaya itu tak lain agar bisa berperan aktif dan mengambil bagian dari potensi pertumbuhan ekonomi digital ini.
“Mulai dari pengenalan akan permodalan jenis baru seperti fintech, hypertargeting atau marketing yang customized, dan penggunaan analisis big data yang bisa memberikan insight market yang lebih produktif dan efisien,’
“Lalu ada pula penggunaan IoT untuk meng-collect data, cloud dan blockchain technology, NFTs, serta metaverse dan lain sebagainya, yang saya yakin tidak asing di telinga kalian semua,” terangnya.
Editor: Jamil
Jangan lewatkan video populer:
Discussion about this post