PENASULTRA.ID, MAKASSAR – Menyambut momen Natal 2025 dan Tahun Baru 2026 (NATARU), Telkomsel Area Papua, Maluku, Sulawesi, dan Kalimantan (Pamasuka) menegaskan komitmennya untuk #MelayaniSepenuhHati dengan menghadirkan jaringan yang andal, layanan pelanggan yang mudah dijangkau, serta ragam produk dan penawaran spesial untuk mendukung pengalaman digital terbaik bagi masyarakat Indonesia.
Telkomsel Area Pamasuka memprediksi lonjakan trafik data selama periode Natal dan Tahun Baru (Nataru), terutama untuk layanan e-commerce (43,9 persen), media sosial (38,1 persen), video streaming (28,3 persen), komunikasi digital (26,9 persen), dan online gaming (23,2 persen).
Untuk mengantisipasi kenaikan data payload tersebut, Telkomsel Area Pamasuka mengoptimalkan lebih dari 94 ribu BTS, termasuk 62 ribu BTS 4G/LTE, 368 BTS 5G, serta penambahan combat sebanyak 4 titik dan optimalisasi jaringan di 75 titik keramaian seperti pusat perbelanjaan, jalur mudik, bandara, pelabuhan, area residensial, dan rumah ibadah, serta melakukan pemantauan network 24/7.
Telkomsel Area Pamasuka juga melakukan drive test di sembilan rute strategis di Regional Kalimantan dan Papua Maluku.
Adapun jaringan 5G Telkomsel tetap tersedia di kota-kota prioritas, akan didukung dengan total 368 BTS 5G pada akhir 2025, dan diperkuat dengan teknologi AI Autonomous Network. Telkomsel juga berupaya menjaga kualitas layanan internet rumah, di antaranya melalui modernisasi perangkat dan perbaikan proaktif.
Vice President Area Network Operations Telkomsel Pamasuka, Anky Arief Priyagung mengatakan, di momen penuh arti seperti Nataru, pihaknya ingin setiap pelanggan merasakan bahwa jaringan Telkomsel selalu siap dan dapat diandalkan.
“Dengan penguatan jaringan dan teknologi terdepan, kami berkomitmen untuk menjaga kualitas konektivitas agar setiap momen kebersamaan dapat dinikmati dengan lancar,” kata Anky.
Untuk memberikan kemudahan akses layanan, Telkomsel Area Pamasuka telah menyiapkan berbagai produknya, layanan migrasi kartu SIM/eSIM, bantuan layanan MyTelkomsel, sampai dengan penukaran Telkomsel POIN, melalui 6 Posko Utama dan 33 Posko Reguler di berbagai lokasi strategis.
Selain itu, layanan Telkomsel Area Pamasuka dapat ditemukan di 75 titik keramaian yang jaringannya telah dioptimalkan. Posko ini didukung oleh lebih dari 3.120 outlet siaga, 62 TAP (Mitra Distributor Telkomsel), 3 GraPARI Siaga, serta ribuan tenaga sales, teknisi, dan service frontliner yang siap melayani pelanggan selama periode liburan.
Pelanggan juga tetap dapat mengakses layanan pelanggan Telkomsel di aplikasi MyTelkomsel, website telkomsel.com, GraPARI, Call Center 188, media sosial @Telkomsel.

Discussion about this post