Menurutnya, ada empat hal fundamental yang harus ditingkatkan oleh pelaku UMKM agar bisa memasukkan produknya ke dalam ekosistem digital, yaitu, literasi digital, kapasitas produksi, kualitas produk, serta akses pasar.
“Yang pertama literasi digital itu sendiri. Data survei saat ini menunjukkan hampir 75 persen permasalahan dalam keberlanjutan UMKM masuk e-commerce adalah kesiapan UMKM itu sendiri, terkait karakteristik dan budaya penjual, misalnya pedagang sulit dikontak,” kata dia.
Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja yang turut menjadi pembicara dalam webinar ini ikut menambahkan. Ia menyebutkan bahwa pasar global saat ini sangat tertarik terhadap produk UMKM lokal yang memiliki potensi untuk merambah pasar ekspor.
Jahja juga mengatakan, puluhan calon pembeli dari luar negeri tertarik pada produk-produk UMKM lokal yang ditawarkan dalam acara UMKM Fest yang diadakan BCA beberapa waktu yang lalu.
Discussion about this post