“Kita coba on boarding produk UMKM layak ekspor. Pada saat acara UMKM Fest itu kita atur waktu meeting dengan calon pembeli dari luar negeri, kenyataannya peminatnya lumayan banyak. Puluhan memang, tidak sampai ratusan, tetapi ini breakthrough, sehingga ada peluang untuk masuk ke situ,” terang Jahja.
Nara sumber lainnya Roy Krisdianto Partnership & BD 99% Usahaku Telkomsel Roy, turut memperkuat posisi itu. Ia mengungkapkan perlu ada mindset yang diubah agar semua pelaku UMKM di Indonesia bisa lebih maju dan berkembang.
“Rata-rata rentang usia pengusaha UMKM kita memang di usia yang tidak muda lagi, dan juga masih banyak yang takut dengan komputer atau bahkan pembayaran digital. Terkadang itu yang sering menjadi masalah. Jika ingin UMKM kita besar, generasi milenial kita perlu diedukasi kewirausahaan, sehingga lebih berani untuk berjualan di ekosistem digital,” ucapnya.
Editor: Irwan
Jangan lewatkan video populer:
Discussion about this post