<span style="font-size: 17px;"><strong>PENASULTRA.ID, KENDARI</strong> - </span><span style="font-size: 17px;">Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJamsostek) Kantor Cabang </span><span style="font-size: 17px;">Kendari mencatat</span><span style="font-size: 17px;"> pembayaran klaim sebesar Rp263,5 miliar sepanjang 2023.</span> <span style="font-size: 17px;">Pembayaran klaim dari Kantor Cabang BPJamsostek Kendari berserta tiga Kantor Cabang Daerah yakni Kantor Cabang Baubau, Kolaka, dan Konawe Selatan (Konsel) itu berupa Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM), Jaminan Pensiun (JP) dan Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP).</span> <span style="font-size: 17px;">Dari kelima program jaminan sosial ketenagakerjaan (jamsostek) ini, pembayaran terbanyak jatuh pada program JHT dengan 20.664 klaim atau senilai Rp235.127.670.590 (Rp235 M).</span> <span style="font-size: 17px;">Kemudian </span><span style="font-size: 17px;">JKM sebanyak 429 klaim dengan nilai sebesar Rp12.420.000.000 (Rp12,4 M) dan</span><span style="font-size: 17px;"> JKK sebanyak 600 klaim dengan nominal sebesar Rp12.117.679.710 (Rp12,1 M). </span> <span style="font-size: 17px;">Lalu JKM sebanyak 429 klaim dengan nilai sebesar Rp12.420.000.000 (Rp12,4 M), JP sebanyak 4.336 klaim dengan nominal sebesar Rp3.799.669.460 (Rp3,7 M), serta JKP sebanyak 39 klaim dengan nominal sebesar Rp76.701.350 (Rp76,7 juta).</span> <span style="font-size: 17px;">Kepala BPJamsostek Kantor Cabang Kendari, Muhamad Abdurrohman Sholih mengatakan, klaim tersebut diterima oleh para pekerja baik dari sektor penerima upah (PU), bukan penerima upah (BPU), maupun sektor jasa konstruksi (jakon).</span> <span style="font-size: 17px;">"BPJS Ketenagakerjaan terus berkomitmen dan berupaya maksimal meningkatkan kualitas layanan termasuk layanan klaim yang mudah dan cepat serta dapat diakses kapan saja dan dimana saja," kata </span><span style="font-size: 17px;">Abdurrohman, Kamis 22 Februari 2024.</span> <span style="font-size: 17px;">Menurutnya,</span><span style="font-size: 17px;"> proses layanan klaim di BPJamsostek dapat dilakukan dengan mudah dan cepat lewat kanal Layanan Tanpa Kontak Fisik (Lapak Asik).</span> <span style="font-size: 17px;">Sementara untuk program JHT dapat diajukan melalui aplikasi Jamsostek Mobile (JMO) yang dapat di download di appstore atau playstore atau di web lapakasik.bpjsketenagakerjaan.go.id.</span> <span style="font-size: 17px;">Kemudahan layanan klaim melalui aplikasi JMO dan Lapak Asik yang berbasis digital tanpa kontak fisik menunjukkan bahwa BPJamsostek berupaya optimal memberikan pelayanan kepada para peserta.</span> <span style="font-size: 17px;">"Dengan kemudahan ini kami mengimbau bagi peserta untuk tidak menggunakan jasa pihak ketiga atau calo untuk melakukan klaim," ujar </span><span style="font-size: 17px;">Abdurrohman.</span> <span style="font-size: 17px;">Ia mengatakan, </span><span style="font-size: 17px;">BPJamsostek Kendari akan terus memberikan pelayanan yang optimal kepada peserta dan kemudahan dalam melakukan klaim.</span> <span style="font-size: 17px;">"Adanya aplikasi JMO yang memudahkan daftar dan bayar diharapkan dapat meningkatkan kepesertaan di seluruh wilayah Sultra,” </span><span style="font-size: 17px;">Abdurrohman memungkas</span><span style="font-size: 17px;">.</span> <strong><span style="font-size: 17px;">Penulis: Yeni Marinda</span></strong><!--/data/user/0/com.samsung.android.app.notes/files/clipdata/clipdata_bodytext_240223_005122_815.sdocx--> <strong>Jangan lewatkan video populer:</strong> https://youtu.be/aiqvZGDfaFA?si=2JZxY2Q4NWd-9qyW
Discussion about this post