“Ekonomi kreatif adalah industri masa depan yang berperan besar dalam membangun ekonomi nasional. pelaku ekonomi kreatif adalah pencipta lapangan kerja dan pembuka kepulihan ekonomi masyarakat. Jadi saya sangat support,” ungkap Sandiaga.
Presiden Joko Widodo berpesan kepada masyarakat agar selalu mencintai produk-produk dalam negeri.
“Saya mengajak masyarakat untuk mencintai produk-produk produksi dalam negeri utamanya produk-produk kerajinan. Ini akan memajukan para pengrajin kita, memajukan UMKM kita,” ujar Jokowi.
Paviliun Kemenparekraf
Sebagai upaya mendorong pelaku ekonomi kreatif dalam kebangkitan ekonomi dan terbukanya lapangan kerja, Kemenparekraf/Baparekraf memfasilitasi 16 jenama lokal untuk mempromosikan dan memasarkan produk-produk terbaiknya dalam Paviliun Kemenparekraf di INACRAFT 2022. Paviliun Kemenparekraf berada di Booth H (Main Lobby JCC) dan memiliki luas 72m.
Direktur Pemasaran Ekonomi Kreatif Kemenparekraf/Baparekraf, Yuana Rochma Astuti, mengungkapkan, ke 16 jenama tersebut ditetapkan melalui hasil kurasi secara bertahap dengan memperhatikan berbagai aspek. Mulai dari kesiapan produk masuk pasar, sumber daya manusia, potensi transaksi dan lain-lain.
Penentuan jenama yang difasilitasi melalui dua tahapan yaitu seleksi administrasi dan kurasi. Sebanyak 112 pendaftar terseleksi menjadi 66 peserta untuk mengikuti proses kurasi. Kurasi dilaksanakan secara hybrid, oleh dua kurator yang merupakan pakar di bidang kriya dan desain produk yaitu Diana Nazir (Principal Designer Artura Insanindo) dan Fauzy Kamal (Founder Kandura Studio).
Proses kurasi ini meloloskan 16 jenama yang beragam dan dianggap mampu menjadi representatif Kemenparekraf pada ajang INACRAFT 2022.
Discussion about this post