PENASULTRAID, JAKARTA – Hidup tidak selalu memberi kesempatan yang sama. Bagi Muh Alfian Hidayattullah, pemuda asal Pekalongan, Jawa Tengah, perjalanan menuju kesuksesan justru penuh dengan tantangan. Setelah berkali-kali gagal melamar pekerjaan, terbentur biaya untuk melanjutkan pendidikan, dan harus memikul tanggung jawab sebagai anak sulung, merupakan keadaan yang harus dihadapi.
Baginya, diam bukanlah pilihan, berlandaskan keterampilan menjahit yang dipelajari semasa sekolah dan memanfaatkan potongan-potongan kain berpola milik tetangga, Alfian mulai merakit harapan dari benang dan jahitan. Perlahan, berkat usaha yang penuh ketekunan dan semangat, ALF Clothes lahir sebagai brand fashion muslim pria lokal yang kini berhasil meraih kesuksesan melalui platform Shopee.
Muh Alfian Hidayattullah, Founder ALF Clothes selalu percaya bahwa di tengah keterbatasan ada peluang untuk berkembang. Di usia 22 tahun, saat segala sesuatunya terasa sulit, ia tidak memilih untuk menyerah.
“Meskipun persaingan di pasar fashion Muslim yang cukup tinggi, ALF Clothes berusaha untuk bersaing dengan menggunakan bahan berkualitas, desain yang menarik, dan kemasan yang rapi. Shopee hadir di saat saya butuh jalan keluar. Platform ini tidak hanya membantu saya menjual produk, tetapi juga membuka akses ke ilmu, pasar, dan kesempatan yang sebelumnya belum pernah saya bayangkan,” tutur Alfian dalam keterangannya, Selasa 5 Agustus 2025.
Mengubah Keterbatasan Menjadi Kesempatan
Usaha yang dirintis sejak lima tahun lalu, pelan-pelan telah membawa hasil dan perubahan besar dalam hidupnya. Sejak mulai memanfaatkan Shopee pada 2021, ALF Clothes terus bertumbuh dan sukses mencatatkan penjualan hingga 1.000 potong pakaian per bulan. Kemeja koko dewasa, koko anak, hingga seragam mengaji anak-anak adalah beberapa produk terlaris ALF Clothes di Shopee.
Tidak hanya menjadi etalase digital, Shopee juga menjadi wadah untuk belajar dan bertumbuh. Beragam inisiatif seperti kampanye angka kembar, inovasi fitur berjualan yang kian interaktif, hingga program promosi dan pendampingan, telah berkontribusi besar terhadap perkembangan bisnis.
Hasilnya, pada Big Ramadan Sale 2025, ALF Clothes merasakan peningkatan pesanan hingga 6 kali lipat dibandingkan hari biasa. Menjadi bukti nyata bahwa strategi digital yang tepat mampu membuka peluang pertumbuhan yang signifikan.
Fitur-fitur yang disediakan oleh Shopee juga memainkan peran krusial dalam mendorong pertumbuhan ALF Clothes. Interaksi langsung dengan pelanggan melalui Shopee Live yang dilakukan setiap hari di pukul 20.00-21.00 WIB juga turut menyumbang peningkatan konversi pesanan dalam beberapa bulan terakhir.
Selain itu, Shopee Video juga menjadi ruang bagi ALF Clothes untuk mengeksplorasi kreativitas dalam menampilkan produk. Konten-konten singkat yang dipromosikan para affiliate lewat Shopee Affiliate Program, seperti video unboxing, pemakaian produk, juga menjadi salah satu strategi baru ALF Clothes dalam meningkatkan penjualan dan kepercayaan pelanggan.
“Saya memilih Shopee karena selain punya basis pengguna yang besar, platform ini juga ramah untuk penjual baru. Semua fitur dan programnya membantu kami bertumbuh tanpa harus langsung mengeluarkan biaya besar. Hal yang paling saya rasakan dampaknya adalah berbagai program pendampingan untuk kami para UMKM, di mana saya belajar banyak strategi promosi, cara mengelola toko yang efektif, sampai layanan pelanggan. Bisa dikatakan, saya bisa all in one di Shopee,” ujar Alfian.
Discussion about this post