PENASULTRA.ID, KENDARI – PT Bank CIMB Niaga berkomitmen untuk terus berinovasi dan meningkatkan customer centricity sebagai bagian dari fokus perseroan dalam pengembangan digital.
Pada sembilan bulan pertama 2025, 91,1 persen dari total transaksi finansial nasabah telah dilakukan melalui layanan branchless banking seperti OCTO (Aplikasi dan Website), BizChannel@CIMB, Automated Teller Machines (ATM) dan OCTO Pay (e-money).
Selain itu, CIMB Niaga juga menghadirkan digital experience melalui model Digital Branch yang unik yang memadukan fitur Cabang Konvensional dan Digital Lounge.
Untuk mendorong adopsi digital di kantor cabang lainnya, CIMB Niaga juga memperkenalkan Digital Hub yang dilengkapi mesin Self Service Banking dan Self Service Tablet untuk mempercepat layanan kepada nasabah.
Adapun konsep cabang ini menawarkan pengalaman perbankan yang komprehensif dan serba digital, dengan tetap mempertahankan sentuhan layanan personal yang ramah khas CIMB Niaga.
Hingga 30 September 2025, konsep ini telah diimplementasikan di 58 kantor cabang seluruh Indonesia, terdiri dari 30 Digital Branch dan 28 Digital Hub. Dengan mengintegrasikan perangkat digital self-service, termasuk tablet dan mesin Self-Service Banking, kantor cabang ini memungkinkan nasabah untuk melakukan layanan penting seperti pembukaan rekening, penerbitan kartu debit, dan pembaruan Customer Information File (CIF) dalam waktu kurang dari lima menit.
Head of Region Indonesia Timur & Bali Nusra, Ahmad S. Ilham mengatakan, OCTO Mobile dan OCTO Clicks kini juga telah bertransformasi menjadi OCTO yang mengintegrasikan layanan mobile dan internet banking dalam satu platform.
“Melalui transformasi ini, nasabah dapat menikmati pengalaman perbankan digital yang konsisten, aman, dan nyaman menggunakan user ID yang sama di aplikasi dan website,” kata Ilham.
Menurutnya, aplikasi OCTO bukan sekadar aplikasi perbankan harian, melainkan jembatan yang menghubungkan nasabah dengan CIMB Niaga secara lebih cerdas, cepat, dan personal.
Selain fitur-fitur utama seperti transfer BI-FAST, top-up e-wallet, dan pembayaran QRIS, CIMB Niaga terus melengkapi Aplikasi OCTO dengan berbagai inovasi seperti QRIS Tap, QRIS lintas negara untuk Jepang, NFC Tap and Pay, konversi Poin Xtra ke miles, pengajuan kartu kredit dan pinjaman personal, serta layanan asuransi Sun Life.


Discussion about this post