PENASULTRAID, JAKARTA – Kegiatan hiburan digital kini telah menjadi bagian dari keseharian, mulai dari menonton film dan serial hingga mendengarkan musik dan siniar (podcast). Semua aktivitas tersebut kini bisa diakses dengan mudah lewat ponsel, yang dikenal sebagai mobile entertainment.
Selain itu, media sosial juga menjadi salah satu bentuk hiburan digital yang digemari banyak orang. Untuk memahami perilaku masyarakat Indonesia dalam menikmati mobile entertainment dan media sosial, Jakpat melakukan survei pada semester pertama 2025 dengan melibatkan 2.259 responden.
Hasil survei menunjukkan bahwa 86% responden menggunakan media sosial seperti YouTube, Instagram, dan TikTok. Aktivitas hiburan digital lain yang juga dilakukan adalah mendengarkan musik di platform streaming (56%) dan bermain gim (51%).
Dua dari 5 orang senang menonton film/serial dan 23% mendengarkan podcast di platform streaming.
Aska Primardi, Head of Research Jakpat mengatakan, konsisten dengan periode sebelumnya, platform hiburan yang paling banyak diakses masyarakat adalah media sosial, kemudian diikuti media hiburan (entertainment).
Setiap tahunnya, kata dia, jumlah pengguna media sosial terus meningkat, seiring bertambahnya jumlah penduduk usia remaja dan dewasa.
“Tingginya permintaan terhadap media sosial dan media entertainment ini disambut dengan tumbuhnya content creator dan influencer yang mampu menghadirkan konten yang dinilai menghibur, informatif, dan inspiratif,” tutur Aska dalam keterangannya, Jumat 25 Juli 2025.
Lebih detail, 72% responden menggunakan layanan over-the-top (OTT) seperti Netflix, Vidio, dan Disney+ Hotstar. Mayoritas responden menonton film (85%), diikuti serial (68%), dan kartun atau anime (45%).
Sebagian kecil juga menonton reality show (22%), siaran olahraga langsung (20%), dan siaran televisi langsung (15%). Tiga dari 5 pengguna OTT biasanya menonton selama 1-2 jam setiap kali membuka platform tersebut.
Dilihat dari asal negaranya, konten paling banyak ditonton berasal dari Korea Selatan (69%), disusul Indonesia (65%) dan Amerika Serikat (48%). Genre favorit yang paling sering dipilih adalah aksi (65%), komedi (63%), dan romantis (61%).
Meskipun jumlah penggunanya menurun 4% dibanding tahun sebelumnya, Netflix tetap menjadi OTT yang paling banyak digunakan dengan 61%, disusul oleh Vidio yang ditonton oleh 32% pengguna.
Menggali Peran Media Sosial dalam Keseharian Digital
Media sosial juga menjadi bentuk hiburan mobile yang banyak digemari pada paruh pertama tahun 2025. WhatsApp, yang juga berfungsi sebagai aplikasi pesan instan, menjadi platform terpopuler, digunakan oleh 9 dari 10 pengguna media sosial.
Discussion about this post