<strong>PENASULTRA.ID, JAKARTA</strong> - Beberapa tahun belakangan ini, ekonomi digital di Indonesia terus bertumbuh. Berdasarkan data Asosiasi E-Commerce Indonesia (idea) transaksi e-commerce di Indonesia pada 2022 tercatat sebesar Rp476,3 triliun, dan diproyeksikan kembali meningkat menjadi Rp572 triliun pada tahun ini. Keoptimisan semakin bertambah karena Indonesia menjadi negara dengan tingkat penetrasi internet tinggi We Are Social mencatat pengguna internet di Indonesia pada Januari 2023 sebesar 77% atau mencapai 212,9 juta pengguna. “Fakta-fakta tersebut tentunya menunjukkan besarnya peluang bagi brand-brand di Indonesia untuk meningkatkan aktivitasnya di ranah digital, terutama memasarkan produknya di platform marketplace,” kata Susilowati Ningsih, CEO Infobrand.id dalam keterangannya baru-baru ini. Dengan semakin masifnya aktivitas brand di ranah digital, maka peluang untuk dibeli dan menjadi brand pilihan konsumen akan terbuka, apalagi pengguna internet di Tanah Air juga terus bertambah. Penting untuk brand mengetahui perubahan perilaku konsumen ke digital untuk mencapai level brand pilihan konsumen. Menjadi brand pilihan konsumen adalah suatu pencapaian yang perlu diperjuangkan. Dengan kombinasi strategi yang tepat, perhatian pada kualitas, dan komitmen untuk memberikan pengalaman terbaik bagi konsumen, menjadi brand pilihan konsumen adalah keniscayaan. Untuk kesebelas kalinya Infobrand.id sebagai media yang berfokus pada perkembangan brand dan bisnis di Indonesia, bersama TRAS N CO Indonesia sebagai perusahaan consulting yang juga fokus pada penelitian dan perkembangan brand di Indonesia, menggelar Brand Choice Award 2023. “Selama sebelas kali penyelenggaraan, penghargaan ini telah menjadi identitas sebagai brand-brand pilihan konsumen yang unggul,” ujar Susi. Sementara itu, Tri Raharjo, CEO TRAS N CO Indonesia mengatakan, pada penyelenggaraan riset Brand Choice Index 2023 untuk fase ke 2 dilakukan mulai April-Juni 2023, terhadap 300 kategori produk dengan 2.500an brand terriset. Ada terdapat lebih dari 63 juta transaksi produk, 36,9 juta ulasan, dan penilaian rata-rata 4,68 dari 5 melalui official store brand di dua marketplace teratas. Dari 300 kategori dalam riset Brand Choice Award Fase ke-2, diketahui ada 10 kategori teratas dengan hal transaksi, rating dan review terbanyak, pertama ada Face Oil dengan 3,3 juta transaksi, 2,2 juta ulasan konsumen, dan rating penilaian rata-rata yang diberikan 4,9. Selanjutnya, kategori Anti Aging dengan 2,2 juta lebih transaksi, 1,4 juta ulasan konsumen dan rating rata-rata 4,9. Kemudian, kategori Pulpen, yang berhasil membukukan 1,9 juta transaksi, 1 juta lebih review konsumen dan rating rata-rata 4,9. Lalu kategori Whitening Cream dengan 1,8 juta lebih transaksi, 1,2 juta lebih review, dan rating rata-rata 4,7. Berikutnya ada kategori Masker KN95 dengan 1,79 juta lebih transaksi, 821 ribu review, dan rating penilaian rata-rata 4,9. Kategori Essence dengan 1,6 juta transaksi, 1,1 juta review, dan rating rata-rata 4,9, lalu kategori Clay Mask dengan 1,5 juta lebih transaksi, 1,1 juta review konsumen, dan rating rata-rata 4,9. Selanjutnya ada Makser Duckbill dengan torehan 1,5 juta lebih transaksi, 845 ribu ulasan, dan rating rata-rata 4,9, lalu kategori Acne Gel dengan 1,2 juta lebih transaksi, 829 ribu ulasan, dan rating rata-rata 4,9, terakhir ada Pengharum Ruangan dengan 1,2 juta lebih transaksi, 681 ribu ulasan, dan rating penilaian rata-rata di 4,9. “Berdasarkan data-data di atas kami menentukan brand-brand yang berhasil memenuhi syarat sebagai brand dengan tingkat keterpilihan tinggi di marketplace, yang selanjutnya brand-brand tersebut akan kami berikan penghargaan Brand Choice Award 2023,” ujar Tri Raharjo. Penilaian dalam riset Brand Choice Index 2023 ini, kata Tri, dilakukan berdasarkan tiga aspek penilaian, yaitu Digital Brand Awareness Aspect, Digital Consumer Reviews & Rating Aspect, dan Digital Consumer Choice Aspect. Selain itu, pemenang penghargaan Brand Choice Award 2023 harus memenuhi 3 kriteria sebagai berikut, brand-brand ter-riset memiliki official store yang terdaftar secara resmi di marketplace di Indonesia, brand-brand ter-riset meraih angka final skor 10 persen atau lebih di kategori produknya, brand achiever berada pada posisi 3 teratas dikategorinya, atau berada pada peringkat pertama apabila hanya terdapat maksimal 3 brand ter-riset di satu kategori tersebut. Untuk mengetahui siapa sajakah brand-brand peraih penghargaan Brand Choice Award 2023 kali ini, berikut diantaranya: Dekkson (Handle Pintu), Noera (Lip Serum, Lip Scrub, Teh Diet, Minuman Kolagen, dan Deodorant Body Spray), Barbara (Hair Spray), Heylook (Tas Laptop, Jaket Parasut Wanita, dan Tas Gym), Bumbu Bunda Elia (Kaldu Jamur), Y.O.U (Essence), Rexco (Pelumas Anti-Karat), Grace and Glow (Hair Spray), Denali (Syrup Gourmet), American Tourister (Koper), Modena (Dispenser Galon Bawah), Salsa (Peeling-Gel), Enervon-C (Multivitamin), Carvil (Sandal Pria), UBS Lifestyle (Kalung Emas), Niko (Kompor Tanam), dan beberapa brand lainnya. <strong>Editor: Ridho Achmed</strong> <strong>Jangan lewatkan video populer:</strong> https://youtu.be/76gdb6cq9hk?si=WJRpb_gGmGNK7h1O
Discussion about this post