<strong>PENASULTRA.ID, JAKARTA</strong> - Perkembangan teknologi digital membuat pelaku brand dan bisnis secara masif memanfaatkan platform digital, seperti media online, media sosial, dan website, untuk mempertahankan bahkan mendongkrak popularitasnya di ranah digital. Seiring berjalannya waktu, kini muncul tren digital branding. Tren ini muncul lantaran perkembangan zaman yang semakin pesat. Melalui digital branding, pelaku brand dapat membangun brand untuk mengenalkan produk lewat platform digital secara online. CEO Infobrand.id, Susilowati Ningsih mengatakan penyelenggaraan Indonesia Digital Popular Brand Award (IDPBA) kali ini merupakan ajang kedua di tahun 2023, atau penyelenggaraan ke-31 sejak tahun 2015. Masih diselenggarakannya penghargaan ini, menjadi bukti Indonesia Digital Popular Brand Award telah diterima oleh pelaku brand di Indonesia dan dipercaya sebagai barometer utama pengukuran brand-brand populer di ranah digital. “Tentunya dengan menggunakan logo Indonesia Digital Popular Brand Award 2023, akan membuat sebuah brand semakin dipercaya oleh konsumen dan calon konsumen, terutama dalam mencari, dan memilih sebuah brand di ranah digital,” ujar Susilowati dalam keterangannya, Kamis 6 Juli 2023. Susilowati menginformasikan, hasil riset Indonesia Digital Popular Brand Index telah diumumkan oleh TRAS N CO Indonesia, dan awarding ceremony diselenggarakan secara online melalui platform Zoom Meeting, Rabu 5 Juni 2023. Tujuan dihadirkannya penghargaan Indonesia Digital Popular Brand Award 2023 ini, adalah sebagai penghargaan bergengsi dan pengakuan bagi brand-brand di Indonesia yang telah sukses membangun popularitas, serta meningkatkan aktivitas brand-nya melalui media digital, sebagai brand yang unggul dan populer dibandingkan brand yang lain. CEO TRAS N CO Indonesia, Tri Raharjo sekaligus penggagas Indonesia Digital Popular Brand Award menjelaskan, riset tersebut dilakukan untuk mengcapture suara netizen melalui tiga parameter penilaian, yakni; Search Engine Based, untuk mengukur popularitas brand rata-rata perbulan dalam pencarian dan ulasan di halaman internet. Kemudian, Social Media Based, untuk mengetahui popularitas brand di media sosial Facebook, Instagram dan YouTube dan Website Based, untuk mengukur kecepatan akses dan traffic website brand. “Riset dilakukan lebih dari 1.500 brand teriset di 300 kategori produk atau jasa,” kata Tri. Tri menjelaskan, brand-brand yang masuk dalam daftar tiga teratas Indonesia Digital Popular Brand Index merupakan brand yang kreatif dalam berpikir dan bertindak, serta konsisten dalam melakukan aktivitas brand di ranah digital. Atas prestasi tersebut, brand-brand pemenang berhak mendapatkan penghargaan Indonesia Digital Popular Brand Award. Dalam mengukur kepopuleran brand-brand di ranah digital, TRAS N CO Indonesia juga bekerjasama dengan IMFocus DigiMarketing Consultant, dengan mengacu pada tiga kriteria penilaian yakni; Search Engine Based, Social Media Based, dan Website Based. <strong>Editor: Ridho Achmed</strong> <strong>Jangan lewatkan video populer:</strong> https://youtu.be/kpLDnjFH4R4
Discussion about this post