<strong>PENASULTRA.ID, JAKARTA</strong> - Layanan internet dari IndiHome dan Telkomsel dilaporkan down pada Minggu 19 September 2021 sore. Menurut keterangan Telkom, perusahaan induk dari IndiHome dan Telkomsel, telah terjadi gangguan pada sistem komunikasi kabel laut JaSuKa (Jawa, Sumatera dan Kalimantan) ruas Batam - Pontianak hari ini (19/9) mulai sekitar pukul 17.33 WIB. Dampaknya, layanan internet TelkomGroup baik <em>fixed</em> maupun <em>mobile broadband</em> mengalami penurunan kualitas di beberapa wilayah Indonesia. Berdasarkan laporan situs pemantau <em>Down Detector</em>, laporan internet IndiHome dan Telkomsel down mulai meningkat sejak 17.25 WIB. Laporan gangguan memuncak pada 19.00 WIB dan mulai menurun per 20.00 WIB. <em>Down Detector</em> mencatat, pengguna IndiHome dan Telkomsel di Jakarta dan Surabaya yang paling banyak melaporkan gangguan internet ini. Sebagian besar pengguna mengeluh internet mereka mengalami penurunan kualitas. Baik IndiHome dan Telkomsel pun masuk ke dalam <em>trending topic</em> Twitter dengan jumlah mention kicauan masing-masing 19,5 ribu dan 8,3 ribu tweet per 20.10 WIB. Berikut pernyataan resmi dari Vice President Corporate Communications Telkomsel, Denny Abidin: Sehubungan dengan adanya gangguan teknis terutama pada layanan internet di sejumlah titik di wilayah Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara, Pulau Natuna, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua, dapat kami sampaikan bahwa: 1. Saat ini kami bersama Telkom Group sedang berusaha untuk menemukenali penyebab gangguan, dan memprioritaskan percepatan pemulihan akses layanan internet di seluruh wilayah yang terdampak. Sedangkan untuk layanan telepon dan SMS masih dapat diakses dengan normal. 2. Kami menyampaikan permohonan maaf atas hal ini, dan kami mengapresiasi kesetiaan pelanggan yang selalu mempercayakan solusi kebutuhan layanan telekomunikasi kepada Telkomsel. Kami akan segara menginformasikan proses pemulihan layanan tersebut secara berkala. Saat ini pihak Telkom telah langsung melakukan <em>rerouting</em> trafik sebagai alternatif jalur komunikasi menuju Batam, sehingga kualitas layanan dapat segera kembali normal sebelum tengah malam ini. "Kami masih mengidentifikasi penyebab terjadinya gangguan," ujar SVP Corporate Communication & Investor Relation Telkom, Ahmad Reza seperti dikutip dari laman <a href="http://kumparan.com">kumparan.com</a>, Minggu 19 September 2021 malam. Mewakili manajemen Telkom, Ahmad Reza menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang mungkin dirasakan pelanggan di wilayah terdampak. “Semoga gangguan dapat teratasi dan layanan Telkom Group dapat kembali normal secepatnya," ujarnya. <strong>Editor: Irwan</strong> <strong>Jangan Lewatkan Video Terbaru:</strong> https://youtu.be/AnJXIc3C6KE
Discussion about this post